get app
inews
Aa Read Next : Dunia Butuh Koalisi Global Aktif untuk Kemerdekaan Palestina

Gerakan Kemanusiaan Sumut For Palestine Galang Donasi Senilai Rp1.622.290.000

Kamis, 14 Desember 2023 | 21:25 WIB
header img
Gerakan Kemanusiaan Sumut For Palestine Galang Donasi Senilai Rp1.622.290.000. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Perang antara Palestina dan zionis Israel sudah memasuki hari ke-68. Di mana, sang zionis setiap harinya membunuh dan membantai warga sipil Palestina, baik itu anak-anak, wanita, dan para orang tua.

Masyarakat dunia, khususnya Indonesia, turut mengecam segala macam tindakan pembantaian dan pembunuhan yang dilakukan oleh zionis Israel terhadap warga sipil Palestina yang bertujuan genosida tersebut.

Seperti, tokoh masyarakat, tokoh ulama, tokoh lintas agama, lintas suku dan lintas kepentingan yang ada di Sumatera Utara (Sumut), dengan tegas dan kebulatan tekad menyampaikan dukungannya kepada kemerdekaan Palestina dan mengecam pendudukan dan kekejaman zionis Israel.

Hal itu terungkap lewat gerakan kemanusiaan Sumut For Palestine yang menggelar aksi kemanusiaan di halaman Istana Maimun, Kota Medan, pada Minggu (10/12/2023) lalu.

Ketua Panitia Sumut For Palestine, Affan Lubis, menjelaskan bahwa gerakan Sumut For Palestine diinisiasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, MUI Kota Medan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ormas Islam, serta Komunitas di Sumut, bertujuan untuk mengecam pendudukan, pembunuhan dan pembantaian warga sipil, serta mendukung kemerdekaan Palestina.

"Sumut For Palestine ini dihadiri oleh ulama, umaro, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat Sumut. Peserta tak hanya dari Kota Medan, tapi juga datang dari berbagai daerah, seperti dari Kabupaten Labuhan Batu, Tapanuli Selatan, Langkat, Kota Tebing, dan lain lain," ungkap Affan Lubis, lewat keterangan tertulis, Kamis (14/12/2023).

Affan Lubis juga menyampaikan bahwa lewat aksi kemanusiaan itu, telah terkumpul hadiah yang ditransfer sebelum aksi, diserahkan pada waktu aksi dan terkumpul pasca aksi dari berbagai lembaga, komunitas, masjid, majelis taklim, maupun perseorangan.

Di mana, total donasi yang terkumpul hingga 14 Desember 2023, senilai Rp. 1.622.290.000. Hal itu berdasarkan rekening koran yang terkumpul melalui Bank BPD Sumut dengan Rekening No. 61002300000009 An. Majelis Ulama Indonesia Propinsi Sumatera Utara.

"Kami mengucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas terlaksananya acara tersebut, dan kami mengucapkan banyak terima kasih atas hadiah yang diberikan untuk Rakyat Gaza-Palestina. semoga Allah menggantikannya yang lebih baik, dan dilimpahkan rezeki yang berlimpah," ucapnya.

"Tidak lupa juga terima kasih kami kepada sponsor, seluruh pendukung yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Dan kami mohon maaf atas segala kekurangan yang tidak bisa memenuhi harapan masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut, Affan Lubis menegaskan poin penting dalam gerakan Sumut For Palestine.

1.    Menyerukan kepada seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Utara baik lintas agama, lintas suku dan lintas kepentingan untuk terus memboikot seluruh produk-produk yang dikeluarkan oleh zionis Israel dan pendukungnya.

2.    Meminta kepada seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Utara baik itu lintas agama, lintas suku dan lintas kepentingan untuk terus menyampaikan dan atau men-share segala postingan terkait Palestina/JULID FISABILILLAH setiap waktu dan setiap harinya.

3.    Mengajak seluruh masyarakat di Sumatera Utara untuk terus mengumpulkan hadiah untuk Palestina sampai kemudian Palestina merdeka dan terbebas dari penjajahan zionis Israel.

4.    Menyerukan kepada seluruh masjid-masjid, gereja-gereja, vihara-vihara serta kuil dan pura yang ada di Sumatera Utara untuk melakukan doa dan meminta perlindungan bagi warga Palestina kepada Tuhan Yang Maha Esa dari kekejaman dan Kebrutalan yang dilakukan oleh zionis Israel.

"Demikian informasi ini kami sampaikan sebagai tanda tanggung jawab ke publik, dan transparansi keuangan, terima kasih atas Bantuan dan perhatiannya," tutup Affan Lubis.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut