get app
inews
Aa Read Next : Petani di Simalungun Ditemukan Tewas di Ladang Kopi, Diduga Akibat Asam Lambung Kronis

Polisi Inspiratif! Kisah Kompol Russirwan Wakapolres Payakumbuh Nyambi Jadi Petani, Ini Alasannya

Jum'at, 24 November 2023 | 12:13 WIB
header img
Kompol Russirwan Wakapolres Payakumpuh rela nyambi jadi petani. Foto: Humas Polres Payakumbuh

PADANG, iNewsMedan.id - Kisah Kompol Russirwan ini patut untuk dicontoh bahkan disebut polisi inspiratif. Meski punya jabatan tinggi sebagai perwira Polri dan Wakapolres Payakumbuh, Kompol Russirwan rela nyambi bekerja sebagai petani.

Sosok perwira Polri berusia 55 tahun itu mengaku jika bertani merupakan hobi yang terus dijalankannya hingga kini.

Polisi yang kerap disapa ayah ini, memanfaatkan waktu diluar jam dinas untuk mengelola kebun di area tanah yang berlokasi di Kenagarian Piladang Kecamatan Batu Hampa Kabupaten Limapuluh Kota.

Anggota Polri  lulusan SPN Padang Besi tahun 1987/1988 ini mengakui, bahwa hobi bertani yang ditekuninya ini awalnya dipicu oleh arahan Kapolri, Kapolda, dan Kapolres untuk mendukung ketahanan pangan dengan melaksanakan kegiatan di bidang pertanian.

Dengan hobi bertani, Kompol Russirwan telah mengubah lahan tidur seluas 2 hektare di Kenagarian Piladang, Kecamatan Akabiluru, menjadi lahan yang produktif.

Tak sekadar menyalurkan hobi, Wakapolres Payakumbuh menyebut kegiatan bertani yang dilakukannya ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi keluarganya.

Selain itu, kegiatan nyambi jadi petani ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran fisik yang sangat diperlukan oleh setiap anggota Polri dalam melaksanakan tugas, dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Saya juga merasakan kebahagiaan tersendiri ketika mendapatkan hasil panen yang baik melalui jerih payah sendiri," ungkapnya.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut