get app
inews
Aa Read Next : AR Card Techtonich Siap Komersil 

Inovasi Cat Atap Reflektif Surya USU untuk Kenyamanan Hunian di Kampung Nelayan Belawan

Kamis, 23 November 2023 | 12:37 WIB
header img
Tim staf pengajar dari Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara telah sukses menggelar Pengabdian Masyarakat dengan skema Kemitraan Masyarakat Perintis pada Minggu, 19 November 2023 di Kampung Nelayan Seberang Belawan. (IST)

MEDAN, iNewsMedan.id - Tim staf pengajar dari Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara telah sukses menggelar Pengabdian Masyarakat dengan skema Kemitraan Masyarakat Perintis pada Minggu, 19 November 2023 di Kampung Nelayan Seberang Belawan, Sumatera Utara. 

Pada kegiatan ini, mereka mengangkat tema "Penerapan Cat Atap Reflektif Surya untuk Menurunkan Temperatur Hunian di Kampung Nelayan Seberang Belawan." Staf pengajar yang terlibat antara lain Ir. Indra Jaya, S.T., M.T.;  Dr. Ir. Rahmi Karolina, S.T., M.T., IPM., GPM.; Dr. Ir. M. Ridwan Anas, S.T., M.T.; Ir. Syahrizal, M.T.; dan Ir. Muhammad Agung Putra Handana, S.T., M.T. 

Ketua kegiatan,  Indra Jaya, menjelaskan bahwa pengecatan atap menggunakan cat BeCool diharapkan dapat merefleksikan panas surya, menciptakan ruangan yang lebih sejuk dan nyaman bagi warga kampung. 

"Sehingga harapan kami, atap yang telah diberi cat tersebut bisa merefleksikan panas surya sehingga ruangan yang ada di dalam rumah warga dapat lebih sejuk dan nyaman,"ucap Indra Jaya. 

Sementara Rahmi Karolina, yang memiliki kompetensi Greenship Profesional, menyoroti kondisi panas di lingkungan pantai dan berharap inovasi ini dapat membuat rumah warga di Kampung Nelayan lebih dingin. 

"Dengan adanya peristiwa ini mendorong inovasi untuk membuat kondisi rumah menjadi lebih dingin menggunakan Cat Reflektif yang nantinya akan dioleskan di atas atap rumah warga," ungkap Rahmi.

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut