get app
inews
Aa Read Next : Mobil Istri Pj Wali Kota Padangsidimpuan Tabrak Xpander Anggota Polres Madina di Tapsel

20,3 KM Jalan Provinsi di Tapsel Akan Diperbaiki

Senin, 06 November 2023 | 13:00 WIB
header img
20,3 KM Jalan Provinsi di Tapsel Akan Diperbaiki. (Foto: Istimewa)

TAPANULI SELATAN, iNewsMedan.id - Kondisi jalan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menuju Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Rencanya, jalan yang dari Kecamatan Sipirok hingga ke perbatasan Kabupaten Tapsel / Kabupaten Paluta dengan panjang mencapai 17,6 kilometer akan segera diperbaiki. 

Kepada wartawan, Senin (6/11/2023),  Plt Kadis PUPR Kabupaten Tapanuli Selatan, Oskar Hendera Daulay mengatakan, peningkatan jalan ini akan dikejakan dalam kurun waktu 2 tahun kedepan dengan sistem multy years. Di mana, total pagu anggaran dalam peningkatan jalan tersebut mencapai Rp106,98 miliar.

“Adapun jalan yang akan ditingkatkan tersebut yakni, ruas Jalan Sipirok-Simpang Tandosan, sepanjang 5,4 Kilometer dengan pagu Rp34,2 miliar. Kemudian ruas Jalan Simpang Tandosan-Simangambat-Sipagimbar sepanjang 1,4 Km dengan pagu anggaran Rp7,98 M, serta ruas Jalan Sipagimbar-Tolang-Batas Paluta sepanjang 10,8 Km anggaran Rp 64,8 M,” terang Oskar.

Kemudian, Orkar menambahkan, tidak hanya peningkatan jalan di lokasi, pemerintah juga akan membangun saluran drainase sepanjang  4 kilometer dengan anggaran Rp2,64 miliar.

Selain itu, peningkatan jalan juga akan dilaksanakan di lokasi berbeda yakni di ruas Jalan Sipenggeng -Marancar-Sipirok dengan panjang 2,7 KM dengan pagu anggarannya Rp17,1 miliar. 

“Jadi total anggaran pada pengerjaan ini Rp126,72 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Utara. Dimana ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara menanggapi keluhan masyarakat atas kondisi jalan provinsi yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Oskar menyebutkan, teknis pengerjaan ini akan dilakukan secara bertahap dengan memprioritaskan kondisi jalan yang terburuk dan memakan waktu 2 tahun kedepan.

“Pengerjaannya ini akan memakan waktu 2 dengan memprioritaskan kondisi jalan yang terburuk,” pungkasnya.

Sementara itu, warga Kecamatan Sipirok, Simbur Siregar (54) mengapresiasi peningkatan jalan tersebut. Dirinya mengatakan, buruknya kondisi ruas jalan dari Kecamatan Sipirok hingga ke perbatasan Kabupaten Paluta lantaran aspal yang terkelupas serta banyaknya lubang sering mengakibatkan pengendara mengalami kecelakaan. Di mana, buruknya kondisi jalan ini sudah terjadi selama 2 tahun terakhir. 

“Kami masyarakat ini senang pak ada perbaikan jalan. Soalnya sudah 2 tahun jalan ini rusak. Bahkan banyak pengendara yang terjatuh akibat kondisi jalannya kayak ini,” ucapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut