get app
inews
Aa Read Next : SPMT Laksanakan Go Live Transformasi di Terminal Malahayati, Ini Tujuannya

Paten, Satpam BRI Gagalkan Penipu Lansia di ATM Kantor Cabang Siantar

Kamis, 27 Januari 2022 | 22:05 WIB
header img
Satpam Bank BRI berhasil menggagalkan penipuan di Galeri ATM Bank BRI Kantor Cabang Pematangsiantar. (Foto: Ist)

"Pelaku ini luar biasa cepat sekali. Langsung tarik tunai Rp 2 juta. Kemudian saat uang tunai belum keluar dia menyuruh orangtua tersebut pindah ATM dengan alasan rusak. Uang pun langsung diambilnya," kata dia.  

Modus baru ini diketahui setelah pengaduan seorang korban, pada Desember 2021. Laporan tersebut segera diproses ke pihak kepolisian.  Tim Bank BRI juga telah mempelajari dengan seksama bukti-bukti dari CCTV. Wajah dan sosok pelaku dikenali. Caranya pun sudah dipelajari.  

BRI kemudian menyebarkan modus baru yang direkam dalam CCTV tersebut dan wajah pelaku ke seluruh cabang Bank BRI.  "Kami sebar kepada seluruh satpam yang bertugas, agar wajah pelaku mudah diingat dan diwaspadai bila pelaku beraksi di unit-unit kerja lainnya,” ujar Luthfi. Beberapa waktu kemudian, pelaku yang sama kembali. Namun untuk memastikan tidak terjadi kesalahan penangkapan, tim satpam terus melakukan pemantauan ketat. 

Di hari pertama pelaku tidak melakukan apa-apa, hanya mondar-mandir. Di hari kedua, pelaku menjalankan modusnya. Tim satpam yang telah bersiap dalam posisi langsung saja berhasil mengamankan pelaku.  

"Ketika pelaku ingin melakukan aksinya kepada nasabah yang sedang melakukan transaksi, pelaku berhasil diamankan oleh Satpam BRI yang bernama Okto Napitupulu," katanya.  Dalam proses pengamanan di kasus kedua melibatkan petugas dari Polri yang sedang berjaga di Bank BRI Cabang Pematangiantar.  

"Pelaku telah diamankan pihak kepolisian. Uang korban sebesar Rp2 juta telah dikembalikan. Proses hukum tetap berlanjut," kata Luthfi.  Belajar dari kejadian tersebut, Luthfi mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan saat akan bertransaksi di ATM. Ini penting agar nasabah terhindar dari modus-modus kejahatan di dalam bilik ATM.  

"Jangan sungkan melaporkan kejadian-kejadian mencurigakan di sekitar kita kepada petugas satpam yang menjaga. BRI pun terus berupaya meningkatkan keamanan dan serius membantu pelayanan, khususnya pada nasabah-nasabah lansia yang ingin transaksi ke ATM," kata Luthfi.


 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut