get app
inews
Aa Read Next : Ombudsman RI Apresiasi Pelayanan Hak Warga Binaan di Lapas Kelas I Medan

Paten, Satpam BRI Gagalkan Penipu Lansia di ATM Kantor Cabang Siantar

Kamis, 27 Januari 2022 | 22:05 WIB
header img
Satpam Bank BRI berhasil menggagalkan penipuan di Galeri ATM Bank BRI Kantor Cabang Pematangsiantar. (Foto: Ist)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id - Satpam Bank BRI berhasil menggagalkan penipuan di Galeri ATM Bank BRI Kantor Cabang Pematangsiantar. Pelaku kejahatan yang mengincar lansia tersebut berhasil ditangkap dan diserahkan ke polisi.  

Pimpinan Cabang BRI Pematangsiantar Ishak Luthfian menjelaskan, aksi modus penipuan tersebut terjadi baru-baru ini, tepatnya Jumat (21/1/2022). Pelaku menyasar lansia yang kurang mengerti teknologi. 

Saat kejadian, nasabah tidak bisa menggunakan ATM. Dalam mekanisme keamanan, mesin ATM secara otomatis meminta penggantian pin bila kartu tersebut lama tidak digunakan.  "Pelaku akan menawarkan bantuan proses ganti PIN kepada nasabah lansia yang sedang melakukan transaksi di mesin ATM," kata Luthfi, Kamis (27/1/2022).  

Korban tidak curiga dengan sikap ramah dari pelaku. Pelaku lalu membantu mengganti PIN. Namun, dengan cepat dia juga melakukan penarikan tunai. Ketika ATM memproses uang, kartu akan keluar terlebih dahulu, baru kemudian uang tunai. Waktu singkat inilah yang menjadi celah pelaku menipu korban.  

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut