get app
inews
Aa Read Next : Lapas Kelas I Medan Maksimalkan Ketersediaan Guiding Block Bagi Warga Binaan Kelompok Rentan

Berikan Motivasi, Warga Binaan Ikuti Pembinaan Kerohanian Tarbiah dan Ta’lim di Lapas Medan

Rabu, 01 November 2023 | 17:32 WIB
header img
Berikan Motivasi, Warga Binaan Ikuti Pembinaan Kerohanian Tarbiah dan Ta’lim di Lapas Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan rutin melaksanakan kegiatan pembinaan kerohanian. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin hak warga binaan mendapatkan kebebasan beribadah.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut, Lapas Kelas I Medan memiliki empat rumah yang diakui di Indonesia, meliputi Masjid, Gereja, Kuil dan Vihara. 

Salah satu kegiatan pembinaan kerohanian yang diberikan adalah kegiatan pembinaan kerohanian Islam. Melalui kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Intensif Agama Islam (YPIAI), warga binaan di dalam Lapas diberikan pendidikan berupa pendidikan Tarbiyah yang memfokuskan kepada cara berprilaku dan berislam yang sesuai dengan syariat agama.

"Warga binaan kami juga diberikan tausyiah-tausyiah yang berisi motivasi agar semangat dan tabah menjalani sisa pidana," kata Kalapas Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian melalui Kabid Pembinaan, Peristiwa Sembiring

Kata Tiwa, pendidikan kerohanian diberikan intensif kepada warga binaan yang sedang menjalani tahap awal masa pidana. "Hal tersebut dilakukan karena pada masa awal tahap pembinaan, warga binaan lebih mudah untuk menerima dan menyerap hal-hal positif yang diberikan, sehingga dapat menjadi bekal menjalani masa pidana," ucapnya.

Sementara itu, RN (37) salah satu warga binaan yang mengikuti kegiatan kerohanian menyampaikan terima kasih kepada petugas Lapas yang sudah berikan wadah untuk mereka bisa mengikuti pembinaan keagamaan.

"Mungkin sewaktu di luar Lapas saya abai dan terlena, namun saya yakin belum terlambat untuk bertobat, apalagi dukungan sesama teman-teman yang menjalani masa pidana, semoga jadi pelajaran lebih baik lagi," kata warga binaan yang menjalani pidana perkara Narkoba itu.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut