get app
inews
Aa Read Next : Dunia Butuh Koalisi Global Aktif untuk Kemerdekaan Palestina

Kabarnya Dapat Musuh Baru, Israel Bakal Dapat Serangan Rudal dan Drone

Rabu, 01 November 2023 | 19:00 WIB
header img
Ilustrasi drone tempur Houthi sedang melaju di udara. (Foto: Reuters)

SANAA, iNews.id – Serangan Israel ke Palestina masih berlanjut hingga saat ini. Hal itu membuat beberapa negara hingga organisasi kelompok yang berpihak pada Palestina geram, salah satunya pemberontak Houthi di Yaman yang mengklaim akan melancarkan serangan pesawat tak berawak alias drone ke Kota Eilat di selatan Israel.

Serangan itu dikatakan sebagai pembalasan atas kebrutalan zionis dalam perang di Gaza.

Pada Selasa (31/10/2023) pagi, Israel melaporkan telah menghancurkan “target udara” tak dikenal di Laut Merah. Beberapa jam kemudian, seorang pejabat senior Houthi mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pihaknya telah mengirim drone ke Israel Selatan.

“Drone ini milik negara Yaman,” kata Perdana Menteri Pemerintah Houthi di Yaman, Abdelaziz bin Habtour, seperti dikutip Aljazirah, hari ini.

Militer Israel mengatakan pihaknya telah menembak jatuh sebuah benda yang terbang mendekat di luar wilayah udara Israel. Insiden tersebut memicu sirene serangan udara di kawasan resor wisata Laut Merah yang populer di Eilat dan membuat warga di sana berlarian mencari perlindungan.

Setelah peringatan awal mengenai kemungkinan serangan “pesawat musuh”, militer zionis mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sistemnya mengidentifikasi target udara yang mendekati wilayah Israel. “Tidak ada ancaman atau risiko terhadap warga sipil,” bunyi pernyataan itu.

Pernyataan tersebut tidak mengonfirmasi asal-usul drone tersebut. Namun laporan media lokal memperkirakan bahwa drone tersebut mungkin berasal dari Yaman Utara, yang kini dikuasai Houthi dengan dukungan Iran.

“Ini merupakan kekhawatiran bagi Israel karena mereka sudah terlibat dalam konflik dengan Hizbullah yang didukung Iran di front utara,” kata jurnalis Aljazirah, Sara Khairat, melaporkan dari Yerusalem Timur, kota Palestina yang diduduki zionis.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut