get app
inews
Aa Read Next : 5 Anak Iblis dan Jin Beserta Tugasnya di Dunia yang Harus Diwaspadai

Lubang Neraka Sedalam 250 Meter di Yaman, Keluarkan Aroma Busuk Tempat Tinggal Jin

Senin, 23 Oktober 2023 | 14:28 WIB
header img
Sumur Barhut seperti lubang neraka di Yaman dengan lubang besar sedalam 250 meter dianggap sebagai tempat yang sangat menyeramkan dan penjara bagi setan. (Foto: Youutube)

YAMAN, iNewsMedan.id - Sumur Barhut seperti lubang neraka di Yaman dengan lubang besar sedalam 250 meter dianggap sebagai tempat yang sangat menyeramkan dan penjara bagi setan, sesuai dengan cerita yang beredar di kalangan penduduk Yaman.

Ini adalah sebuah fenomena alam yang masih minim pemahaman. Terletak lebih dekat ke perbatasan dengan Oman daripada ke ibu kota Yaman, Sanaa, dengan jarak sekitar 1.300 kilometer.

Sumur Barhout terletak di wilayah gurun di Provinsi Al-Mahra. Memiliki lebar sekitar 30 meter dan diperkirakan memiliki kedalaman antara 100 hingga 250 meter.

Menurut cerita rakyat setempat, sumur ini dianggap sebagai penjara bagi setan, reputasi ini diperkuat oleh bau busuk yang naik dari dalamnya.

Pejabat Yaman mengaku tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa yang berada di dalam sumur ini. "Sumur ini sangat dalam, dan kami belum pernah mencapai dasarnya karena rendahnya kadar oksigen dan kurangnya ventilasi," kata Salah Babhair, direktur jenderal survei geologi dan otoritas sumber daya mineral di Al-Mahra.

"Dalam kunjungan kami ke daerah ini, kami mencoba memasuki sumur dan hanya mencapai kedalaman sekitar 50-60 meter. Kami melihat hal-hal yang aneh di dalamnya dan juga mencium bau yang tidak biasa. Ini adalah situasi yang misterius," ujarnya seperti dilaporkan oleh AFP beberapa waktu lalu.

Cahaya matahari hanya dapat menembus sebatas dalam struktur sumur ini, dan sedikit yang dapat terlihat dari tepi, kecuali burung-burung yang terbang masuk dan keluar dari dalamnya.

Videografer yang mencoba mendokumentasikan bagian dalam sumur melaporkan bahwa kedalaman sumur yang besar itu hampir tidak mungkin untuk ditangkap oleh kamera, dan ada kepercayaan lokal bahwa benda-benda yang berada dekat lubang dapat tersedot ke dalamnya.

Babhair mengatakan bahwa sumur ini diperkirakan berusia jutaan tahun dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memahaminya.

Selama berabad-abad, cerita-cerita beredar tentang makhluk gaib seperti setan, jin yang tinggal di dalam sumur ini.

Banyak penduduk lokal merasa cemas untuk mengunjungi atau membicarakan tentang lubang besar ini, karena takut dengan mitos bahwa sumur ini dapat mengancam kehidupan di Bumi.

Yaman sendiri telah menderita sejarah yang penuh konflik, terlibat dalam perang saudara sejak tahun 2014 antara pasukan pemerintah dan pemberontak Houthi.

PBB menyatakan bahwa Yaman mengalami krisis kemanusiaan yang sangat parah, dengan puluhan ribu korban jiwa, jutaan pengungsi, dan dua pertiga dari 30 juta penduduknya bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut