get app
inews
Aa Read Next : Pentingnya Memberi Nama Anak yang Baik dalam Islam

Hukum Tabur Garam dalam Islam untuk Mengusir Jin dan Setan, Berikut Penjelasannya

Kamis, 13 Juli 2023 | 18:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Healthline)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Hukum tabur garam dalam Islam untuk mengusir jin dan setan perlu diketahui.

Pasalnya, terdapat mitos yang telah menyebar bahwa benda tersebut dapat menghilangkan sihir yang dikirim orang lain untuk mengganggu seseorang.

Beberapa bahkan disisipi ritual-ritual tertentu untuk mengusir sihir. Mereka justru tidak meminta dan percaya pada pertolongan Allah dalam mengusir sihir.

Hukum menabur garam dalam Islam

Dalam Islam, tidak ditemukan satupun dalil yang menjelaskan bahwa menabur garam dapat mengusir jin dan setan. Alih-alih menabur garam, Rasulullah SAW pernah memberi saran mengenai doa yang bisa dibaca saat merasa diganggu oleh setan.

Dari Al-Walid bin Al-Walid radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى أَجِدُ وَحْشَةً. قَالَ « إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَقُلْ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَنْ يَحْضُرُونِ فَإِنَّهُ لاَ يَضُرُّكَ وَبِالْحَرِىِّ أَنْ لاَ يَقْرَبَكَ »

Artinya: Wahai Rasulullah, aku sedang sedih (murung). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, "Jika engkau hendak tidur, ucapkanlah: A’UDZU BI KALIMAATILLAHIT TAAMMAATI MIN GHODHOBIHI WA SYARRI ‘IBAADIHI WA MIN HAMAZAATISY SYAYAATHIIN WA AYYAH-DHURUUN’ (artinya: Aku meminta perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, dari siksa-Nya, dari kejelekan makhluk-Nya, dan dari godaan setan ketika hadir). Siapa yang membacanya, setan pasti tidak akan menimpakan mudarat padamu. Setan pun tidak akan mendekatimu." (HR. Ahmad, 4:57).

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut