get app
inews
Aa Read Next : Dua Kribo Muncul saat Kejenuhan Musik Rock di Indonesia, Tembus 100.000 Kopi Kaset Laris Terjual

Kisah Ahmad Albar dan Ucok AKA Duo Kribo Guncang Musik Cadas, 100.000 Kopi Kaset Ludes Terjual 

Rabu, 26 Januari 2022 | 11:02 WIB
header img
AHAMD Albar dan Ucok AKA atau Ucok Harahap, keduanya disebut Duo Kribo sempat menggucang musik cadas Tanah Air pada era 1970-an. (Foto-Foto: Dok/Ist)

AHMAD Albar dan Ucok AKA atau Ucok Harahap, keduanya disebut Duo Kribo sempat menggucang musik cadas Tanah Air pada era 1970-an. 

Penyebutan nama Duo Kribo karena keduanya memang mempunyai rambut kribo. Kolaborasi ini muncul ketika AKA dengan vokalis Ucok Harahap pecah, sementara  Achmad Albar dengan God Bless mulai sepi order. 

Duet  maut Andalas Datu Oloan Harahap, nama asli Ucok Harahap dengan Ahmad Albar ini memang sangat berhasil apalagi album-album Duo Kribo meledak di pasaran sampai terjual 100.000 kopi kaset. 

Selain itu duo ini pernah membuat film dengan nama yang sama dengan nama duo ini melalui film Duo Kribo pada tahun 1977. Kesuksesan Duo Kribo tidak hanya di Indonesia akan tetapi merambah ke Malaysia dan Singapura.

Lagu mereka berjudul 'Neraka Jahanam' dari album Vol I menjadi lagu wajib dalam  setiap Festival Rock era 1990 hingga 2000 -an. Selebihnya lagu 'Neraka Jahanam' banyak di cover band - band rock lainnya  seperti Suckerhead hingga Boomerang.

Kemunculan Duo Kribo ini diawali dari kejenuhan dan paceklik pentas pentas rock di Indonesia. Sebut saja group sesangar AKA, Rollies, Giant Step, SAS, Super Kid mulai sepi order. Ucok Harahap dan Ahmad Albar pun tak putus asa dan akhirnya hadirnya duet.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut