get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Nilai Penunjukan Agus Fatoni Sarat Kepentingan Politik di Pilgub Sumut

Jokowi Kantongi 10 Nama Pj Kepala Daerah, Hassanudin Pj Gubernur Sumut 

Jum'at, 01 September 2023 | 14:32 WIB
header img
Mayor Jenderal TNI (Purn.) Hassanudin, S.I.P., M.M (wikipedia)

JAKARTA, iNewsMedan.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui telah mengantongi 10 nama penjabat (Pj) Gubernur untuk 10 provinsi yang akan habis masa jabatannya pada September 2023 ini. Dari 10 nama tersebut, salah satunya adalah Hassanudin yang akan ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumut

Hasanudin tidak asing bagi warga Sumatera Utara. Untuk diketahui, Mayor Jenderal TNI (Purn), Hassanudin memiliki jabatan strategis di TNI Angkatan Darat (AD). Dia pernah menjabat Wakil Inspektur Jendral TNI AD masa jabatan 25 Februari 2022 hingga 24 Agustus 2023. 

Kemudian, menjabat sebagai Pangdam I Bukit Barisan masa jabatan 18 November 2020 hingga 25 Februari 2022. Pangdam Iskandar Muda, masa jabatan 31 Maret 2020 hingga 18 November 2020. Kepala Staf Kodam I Bukit Barisan masa jabatan 2 Juli 2018 hingga 24 Juli 2019. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memutuskan 10 penjabat (Pj) Gubernur untuk 10 provinsi yang habis masa jabatannya pada September 2023 ini. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi menunjuk Bey Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat, lalu Nana Sudjana sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah dan Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, Hassanudin  ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumut. 

Sang Mahendra Jaya ditunjuk sebagai Pj Gubernur Bali, Ridwan Rumasukun ditunjuk sebagai Pj Gubernur Papua, Ayodhia Kalake ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTT, Lalu Gita Ariadi ditunjuk sebagai Pj Gubernur NTB, Harrison Azroi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Kalimantan Barat, Andap Budhi ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara dan Bachtiar Baharuddin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan. 

Penunjukan Pj tersebut berdasarkan hasil rapat Tim Penilai Akhir (TPA) dan diputuskan Jokowi pada Kamis (31/8) sore kemarin. 

 

Penunjukan Pj untuk sepuluh gubernur pada minggu ini telah disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi SMKN Jateng pada Rabu (30/8) lalu. Jokowi mengatakan bahwa penunjukan Pj Gubernur paling lambat akan diputuskan minggu ini. 

"Belum masuk ke meja saya. Nanti lewat mekanisme TPA. Paling lambat minggu ini kalau sudah masuk di meja saya kita putuskan. Belum. Kalau ditanya siapa, belum tahu," kata Jokowi usai meninjau SMKN Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023).

 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut