get app
inews
Aa Read Next : Agus Fatoni Gantikan Hassanudin sebagai Pj Gubernur Sumut, Pelantikan Dijadwalkan pada 24 Juni 2024

Agus Fatoni Resmi Dilantik sebagai PJ Gubernur Sumut, Ini Katanya

Senin, 24 Juni 2024 | 18:47 WIB
header img
Agus Fatoni Resmi Dilantik sebagai PJ Gubernur Sumut, Ini Katanya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Agus Fatoni resmi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) di Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta, Senin (24/6/2024). Sebelumnya Agus menjabat sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

Agus Fatoni mengatakan siap melanjutkan roda Pemerintahan Provinsi Sumut. Sesuai dengan arahan Mendagri, Pj Gubernur Sumut memastikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik.

“Selain itu, sesuai dengan arahan Mendagri juga, tugas Pj Gubernur Sumut diharapkan juga segera bisa mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan program prioritas lainya,” kata Agus, usai dilantik.

Menurut Agus, sebagai seorang ASN, dirinya siap menjalankan tugas yang diberi. Pergeseran merupakan hal yang biasa baginya.

“Pergeseran atau perpindahan itu bisa dilakukan termasuk Pj Bupati, Walikota termasuk Pj Gubernur, hari ini saya diberikan amanah untuk bisa menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Sumut,” kata Agus.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan Agus Fatoni pantas menjadi Pj Gubernur Sumut. Menurutnya, Agus memiliki pengalaman yang mumpuni, apalagi Agus pernah dua kali menjadi Pj Gubernur, yakni di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan. Agus juga merupakan seorang Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

“Beliau sudah pernah menjadi Pj yang cukup matang, pertama Sulawesi Utara, Sumsel, sekarang naik kelas dikitlah di Sumut, pengalaman akan bertambah, ditambah lagi ada event besar, ada PON yang akan dilaksanakan September, oleh karena itu kita tidak ingin ambil risko, orang yang pengalaman jadi Pj dua kali dan mengerti tentang keuangan daerah, karena PON ini masalahnya banyak tentang keuangan,” kata Tito.

Selain itu, Tito juga mengharapkan para Pj Kepala Daerah yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri. Tito juga mengatakan jabatan merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Apa yang terjadi di detik ini, kita percaya adalah takdir dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Tito. 

Pada kesempatan tersebut, Tito juga melantik Hassanudin yang sebelumnya menjabat Pj Gubernur Sumut menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat. Bersama dengan Agus Fatoni dan Hassanudin, Elen Setiadi juga dilantik sebagai Pj Gubernur Sumsel. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Tyas Agus Fatoni sebagai Pj Ketua TP PKK Sumut oleh Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut