get app
inews
Aa Read Next : Turunkan Prevalensi Stunting, Pemprov Sumut Aktivasi dan Optimalisasi Posyandu 100 %

Komitmen PT Dairi Prima Mineral dalam Mendukung Pengentasan Stunting dan TBC

Minggu, 20 Agustus 2023 | 14:00 WIB
header img
Komitmen PT Dairi Prima Mineral Dalam Mendukung Pengentasan Stunting dan TBC. (Istimewa)

SIDIKALANG, iNewsMedan.id-  PT Dairi Prima Mineral (DPM) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam mencapai point ke-3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera. 

Salah satu bentuk implementasi adalah dengan memperkuat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) pilar kesehatan di provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Dairi.

PT DPM telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan terkait program-program pencegahan, pendidikan, dan perawatan dalam rangka pengentasan stunting dan tuberkulosis (TBC). 

Dalam upaya untuk membantu kesehatan masyarakat setempat, perusahaan aktif bekerjasama dengan perangkat desa dan puskesmas di Kecamatan Silima Pungga-Pungga, terutama untuk ibu hamil, menyusui, dan balita. 

Program unggulan PT DPM dalam menurunkan angka stunting di wilayah sekitar Kecamatan Silima Pungga-Pungga adalah pemberian makanan tambahan yang berkelanjutan. 

Selain itu, perusahaan juga mendukung program terkait pengentasan TBC dengan melakukan kolaborasi bersama multi stakeholders, termasuk kegiatan screening TBC bagi mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. 

Kegiatan ini telah diikuti oleh lebih dari 2.600 mahasiswa baru USU dan melibatkan berbagai organisasi seperti Kadin Indonesia, Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Indonesia Muda untuk Tuberkulosis, Yayasan Mentari Meraki Asa, Bakrie Center Foundation, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). 

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. menjelaskan bahwa kegiatan screening TBC yang berlangsung mulai tanggal 12 hingga 16 Agustus 2023 ini termasuk dalam standar prosedur pemeriksaan kesehatan mahasiswa baru guna mencegah penyebaran TBC pada kalangan usia produktif. 

Direktur PT DPM, Ibu Louise Ferdinandus, menambahkan bahwa program screening TBC ini adalah bagian dari rangkaian program PT DPM dalam memberikan dukungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Dairi. 

"Ini juga merupakan kampanye untuk mencegah serta menanggulangi angka stunting dan TBC yang banyak menyerang masyarakat usia produktif," jelasnya. 

PT DPM percaya bahwa akses terhadap kesehatan yang berkualitas dan kesejahteraan bagi semua individu adalah hak dasar yang harus dijamin.

"Perusahaan terus berkomitmen untuk memberikan aksi nyata dalam mempraktikkan nilai-nilai berkelanjutan di setiap aspek operasionalnya," pungkasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut