get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik! Bandara Internasional Kualanamu Buka Penerbangan Langsung ke Padang Setiap Hari

Kemenparekraf Sebut Rute Chennai-Kualanamu Mendorong Capaian Target Kunjungan Wisman ke Indonesia

Minggu, 13 Agustus 2023 | 13:00 WIB
header img
Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Nia Niscaya. (Foto: Istimewa)

DELI SERDANG, iNewsMedan.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut penerbangan langsung maskapai Batik Air rute Chennai-Kualanmu mendorong pencapaian target kunjungan target wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Kebijakan Strategis Kementeria Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya, di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (12/8/2023).

Nia merinci, dari sisi target kunjungan wisman pada tahun 2023 tercatat sebanyak 8,5 juta. Dan saat ini sudah tercapai 5 juta lebih.

Sementara, ujar Nia, wisman dari India target sekitar 437 ribu, dan sudah tercapai hampir 300 ribu.

“Secara target, ini boleh dibilang kita bisa berbahagia, ya,” jelasnya.

Nia juga menyampaikan bahwa dari sisi statistik yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisman dari Januari hingga juni 2023 tumbuh 250 persen jika dibandingkan 2022. Di mana, 5 top market wisman adalah Singapura, Malaysia, Australia, India, dan China.

“India ini penting, karena top 5 market. Ketika tidak ada direct flight sudah tinggi pertumbuhannya, apalagi dengan adanya direct flight, akan terus mendorong pencapaian target. Lalu, dengan melalui Kualanamu, akan memperkenalkan destinasi di sini (Sumut),” ungkapnya.

Sementara itu, Director Operation of PT Angkasa Pura Aviasi, Heriyanto Wibowo mengatakan, rute penerbangan ini memiliki intensi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang.

"Aktifasi jalur ini dimulai dengan penerbangan perdana KNO-MAA yang juga membuka konektivitas menuju Denpasar, Bali," ucapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut