get app
inews
Aa Read Next : Siap Lawan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Ijeck: Jangan Ada Pola-pola Fitnah

Edy Rahmayadi Ingin Kembalikan Kejayaan Akuatik Sumut 

Kamis, 10 Agustus 2023 | 21:35 WIB
header img
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri sekaligus menyaksikan pelantikan Pengurus Akuatik Indonesia Provinsi Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Rabu (9/8/2023).

MEDAN, iNewsMedan.id- Di era tahun 70an dan 80an, akuatik Sumatera Utara disegani secara nasional. Tak hanya itu saja, pada tahun 1950-an, salah satu putra terbaik Sumut Habib Nasution mencatatkan berbagai rekor skala internasional. 

Habib Nasution pada Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia, menempati peringkat ke-7 untuk nomor 400 M. Pada Asean Games III 1958 Tokyo nomor 200 M gaya bebas dia mempersembahkan perunggu, begitu juga estafet 4x100 M bersama rekannya Tio Tjoe Hong, Abdul Kadir dan Tjoan Kiet Lie. 

Di masa kepemimpinannya, sebagai Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap masa-masa kejayaan akuatik Sumut bisa kembali. Dengan begitu, olahraga Sumut semakin bermartabat. 

“Kita punya sejarah yang luar biasa di dunia renang. Legenda renang Indonesia salah satunya berasal dari Sumatera Utara, Habib Nasution. Kita harus bisa kembalikan kejayaan tersebut dan kita juga dikenal sebagai lumbung atlet akuatik,” kata Edy Rahmayadi saat Pelantikan Pengurus Akuatik Indonesia Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (9/8). 

Edy Rahmayadi pun optimis, pengurus Persatuan Akuatik Indonesia Sumut mampu meningkatkan prestasinya ke depan. Apalagi, saat ini Sumut akan menjadi tuan rumah PON XXI bersama Aceh. 

“Saya percaya pengurus yang baru mampu membawa Akuatik Indonesia lebih baik lagi. Agar prestasi cabang akuatik kita di PON 2024 membanggakan apalagi kita akan menjadi tuan rumahnya bersama Aceh,” kata Edy Rahmayadi. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut