get app
inews
Aa Read Next : Diduga Tertimpa Batu, Seorang Tenaga Kerja Asing di PLTA Batang Toru Tewas

Berikut 10 PLTA di Indonesia, Salah Satunya Terbesar se Asia Tenggara

Jum'at, 28 Juli 2023 | 14:48 WIB
header img
10 PLTA di Indonesia, Salah Satunya Terbesar se Asia Tenggara (Foto: iNews.id)

6. PLTA Mrica

PLTA ini memiliki nama lain bendungan Panglima Besar Soedirman. Namun, warga biasa menyebut Bendungan Mrican. Bendungan ini dibangun di perbatasan Kecamatan Bawang dan Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara. Aliran yang dibendung yakni Sungai Serayu. 

PLTA Mrica ini memiliki kapasitas 180 MW dan menjadi sumber air bagi 5.000 hektare lebih lahan pertanian di wilayah Banjarnegara dan Purbalingga.

7. PLTA Cirata

PLTA Cirata berada di tiga kabupaten di Jawa Barat, yakni Purwakarta, Cianjur dan Bandung Barat. Uniknya, di waduk ini Anda bisa menemukan keramba jaring apung hingga tempat wisata. 

Tempat ini memang cocok untuk yang hobi mancing. Kabar baiknya, PLTA ini merupakan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Asia Tenggara dengan total kapasitas terpasang 1.008 MW dan produksi listrik rata-rata 1.428 GWh per tahun. 

Disebutkan PLTA Cirata I dan II masing-masing ada empat unit pembangkit dengan kapasitas terpasang sebesar 126 MW setiap unitnya. 

8. PLTA Wonogiri 

PLTA ini memanfaatkan debit air dari Waduk Gajah Mungkur yang dibangun sebagai pengendalian banjir sungai Bengawan Solo. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri dan sekitarnya, PLTA ini menghasilkan listrik sebesar 12,4 MegaWatt.  Waduk Gajah Mungkur juga menjadi tempat rekreasi. Ada kapal boat untuk mengelilingi perairan di waduk tersebut. 

9. PLTA Riam Kanan 

PLTA ini menjadi salah satu pembangkit listrik mendukung sistem kelistrikan Barito. PLTA Riam Kanan mendukung kelistrikan di dua Provinsi yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. PLTA ini berada di Kabupaten Banjar, Kalsel. 

10. PLTA Sigura-Gura Samosir

PLTA Sigura Gura ini merada Sumut dan memanfaatkan Danau Toba sebagai suplay airnya. Pengelolaan PLTA Sigura-Sigura ini dibawah kendali PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). PLTA Sigura-gura ini memiliki tiga bendungan jarak 14,5 kilometer di dekat Danau Toba. PLTA Sigura-gura juga miliki dengan stasiun bawah tanah pertama di Indonesia dengan kedalaman 200 mdpl. Itulah PLTA di Indonesia yang selama ini membantu energi listrik di wilayahnya masing-masing. Kalian pernah ada yang berkunjung langsung?

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut