get app
inews
Aa Read Next : RSCA Medan Hadirkan Education and Advisory Gratis untuk Masyarakat

Peringati Hari Anak Nasional, Tingkatkan Kesadaran Orang Tua Pentingnya Hidup Sehat Sejak Dini

Minggu, 23 Juli 2023 | 18:00 WIB
header img
Dokter Anak Columbia Asia Medan, dr Johanus Susanto Wibisono, SpA. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Memperingati Hari Anak Nasional 2023, Rumah Sakit Columbia Asia Medan menghadirkan serangkaian acara menarik dan spesial untuk anak-anak di Kota Medan.

Peringatan Hari Anak Nasional tersebut meliputi Seminar Kesehatan Anak, Lomba Bayi Sehat, Lomba Dokter Cilik, dan Lomba Puzzle. Kegiatan juga diikuti anak-anak yang telah menjadi anggota membership Colombia Asia Kids Club.

Dokter Anak Columbia Asia Medan, dr Johanus Susanto Wibisono, SpA mengatakan, saat ini isu terpenting tentang obesitas pada anak. Dimana, diperlukan untuk meningkatkan kesadaran para orang tua dan pengasuh anak akan kekhawatiran masalah obesitas pada anak-anak dan pentingnya mengadopsi gaya hidup sehat sejak usia dini.

"Diperkirakan prevalensi obesitas pada anak 11-12 persen di Indonesia. Biasanya obesitas terdeteksi pada usia 10 tahun dan di dominasi laki-laki,” katanya di Medan, Minggu (23/7/2023)

Diakuinya, terkait hal itu, perlu partisipasi aktif orang tua untuk mencegah anak terkena obesitas. Apalagi, dampak obesitas ini jangka panjang bagi kesehatan anak.

“Hal yang utama, orang tua perlu mengurangi anak terlalu banyak menggunakan handphone, dan makan makanan sehat,” ujar dr Johanus.

Diakuinya, bagi anak yang sulit makan buah atau sayur, sebagai makanan sehat, caranya dengan memberikan reward atau hadiah kepada anak dengan kebiasaan makan yang baik dan sehat.

“Triknya, beri reward apa yang anak suka, sehingga memotivasi anak untuk bergaya hidup sehat,” jelasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut