get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Terbaik di Kota Medan, Cocok Dikunjungi Saat Libur Ramadhan

Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso di Bibir Danau Toba

Minggu, 23 Juli 2023 | 14:36 WIB
header img
Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-piso di Bibir Danau Toba (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Danau Toba terkenal hingga mancanegara, lokasi wisata Danau Toba juga tak hanya dikenal karna keindahannya, namun juga lantaran sejarah dan wisata kecil yang terdapat dipinggiran sekitar Danau Toba. Seperti salah satunya yaitu Air Terjun Sipiso-piso yang memiliki keindahan tersendiri membuat orang yang berkunjung takjub. Air terjun ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena letaknya ada di dekat Danau Toba.

Berbicara keindahan alam Indonesia, tentu tak akan ada habisnya. Kepulauan di Indonesia cukup luas untuk dijelajahi satu per satu. Tidak heran jika selalu ada kekaguman tersendiri ketika menemukan destinasi wisata baru yang tersebar di berbagai daerah, di Indonesia.

Salah satunya adalah Air Terjun Sipiso-piso yang ada di Sumatera Utara. Sekali melihat, Anda tentu akan dibuat jatuh hati karena keindahannya. Selain itu, air terjun Sipiso-piso terletak tak jauh dari atraksi wisata danau Toba.

Penasaran ingin mengenal Air Terjun Sipiso-piso lebih dekat? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (14/12/2022).

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso memiliki ketinggian 120 meter dari atas tebing, dan berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini termasuk dalam tipe air terjun plunge atau plunge waterfall, yaitu memiliki formasi air terjun tunggal yang tegak lurus ke bawah dan tinggi. Air yang mengalir pada Air Terjun Sipiso-piso ini berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba, serta terbentuk dari aliran Sungai Pajanabolon. Di mana aliran sungai tersebut juga mengalir ke Danau Toba.

Air terjun Sipiso Piso dikelilingi berbagai vegetasi hijau yang menyegarkan mata, deru air terjun bagaikan terapi yang membuat pikiran lebih tenang. Medan menuju ke muara atau bagian bawah air terjun Sipiso-piso terbilang cukup mudah, karena telah dibangun jalur anak tangga menuju ke air terjun Sipiso-piso dengan bambu di bagian pinggirnya yang berfungsi sebagai pegangan.

Sejarah Air Terjun Sipiso-piso

Nama yang melekat pada air terjun ini, ternyata diambil dari gunung yang berada tepat di timur laut Air Terjun Sipiso-piso, yaitu gunung Dolok Sipisopiso dengan ketinggian sekitar 1.860 mdpl. Uniknya lagi, Air Terjun Sipiso-piso terbentuk dari tiga periode ledakan Gunung Toba, dimana ledakan yang terjadi meruntuhkan kaldera dan terbentulah lembah. Runtuhan dari ledakan ini menyebabkan aliran sungai Pajanabolon terpotong dan terbentuk Air Terjun Sipiso-Piso.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut