get app
inews
Aa Read Next : Bayi Baru Lahir Ditemukan Warga Luka Parah di Semak Balukar Kebun Teh Sidamanik

Kronologi Wanita Buang Bayi Baru Lahir di Depan Ruko Pasar Cakung

Kamis, 20 Juli 2023 | 11:00 WIB
header img
Kronologi Wanita Buang Bayi Baru Lahir di Depan Ruko Pasar Cakung. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Seorang wanita terekam kamera CCTV tengah membuang bayi yang baru dilahirkan di depan ruko Pasar Madrasah Kayu Tinggi, Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur. Hal itu pun menjadi viral di media sosial.

Pengurus Lembaga Musyarawah Kelurahan (LMK) RW 03 Cakung Timur, Bachrul (36) menuturkan awalnya petugas kebersihan Pasar, yang menemukan bayi tersebut, mengira bayi laki-laki itu sebagai anak kucing. Petugas itu mendapatkan laporan dari anak-anak sekitar yang menduga bayi tersebut sebagai anak kucing.

"Setelah diselidikin, dia kaget karena muncul tangan. Tidak tahunya bayi itu gerak-gerak. Memang tidak menangis bayi itu," ujar Bachrul di lokasi, Rabu (19/7/2023).

Bachrul menuturkan, pihaknya segera mengecek rekaman kamera CCTV sehingga diketahui wanita tersebut membuang bayi itu pada sekira pukul 01.30 WIB. Ia mengatakan bayi itu baru ditemukan satu jam setelah ditinggalkan wanita tidak dikenal tersebut.

"Jadi bayi laki-laki itu sudah satu jam lah tergeletak di atas meja pedagang ini," ujar Bachrul.

Bachrul mengatakan, berdasarkan pengecekan kamera CCTV di sekitar lokasi, pelaku pembuang bayi itu diketahui tidak sendirian. Ia mengatakan pelaku menaiki mobil berjenis Toyota Ayla Silver dengan menumpang di posisi belakang kendaraan.

"Pelaku tidak sendirian. Dari rekaman CCTV, itu mobil Ayla silver. Namun dari CCTV, tidak kelihatan nomor polisinya. Setelah dicek cctv dari pedagang di ujung, ketahuan nomor polisinya. (Wanita itu) pas naik mobil itu di posisi belakang," jelas Bachrul.

Bachrul juga mengatakan, saat ditemukan, bayi laki-laki itu hanya dilapisi kain kerudung dari perempuan yang meninggalkannya. Lantaran iba, Bachrul membawa bayi tersebut untuk dipakaikan pakaian agar tidak lagi menggigil kedinginan.

"Setelah dipakaikan pakaian, kita menghubungi Polsek Cakung serta dibantu tim pokdar dan pengurus kader RT. 06 guna menghubungi pihak dinas sosial. Setelah kita kumpul, kita sepakati bayi tersebut dibawa ke klinik Mitra untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi tersebut," jelas Bachrul.

Bachrul mengungkapkan, kondisi tali pusar dari bayi tersebut terlihat masih basah. Dokter klinik menduga, lanjut Bachrul, bayi itu baru beberapa jam dilahirkan kemudian dibuang oleh orang tuanya.

"Tali pusarnya pun setelah dibawa ke klinik, menurut dokter kayak diputus paksa, tanpa pakai gunting atau alat medis," tutur Bachrul.

Diketahui, rekaman CCTV pelaku pembuang bayi itu viral di media sosial. Akun Instagram @lensa_berita_jakarta mengunggah rekaman tersebut menuturkan pelaku meletakkan bayi di depan ruko pasar dan berlalu dengan mengendarai mobil.

"Terlihat wanita tersebut turun dari mobil dan langsung menaruh bayi yang terbungkus kain di atas meja dan kemudian langsung pergi masuk ke mobil dan pergi dari tempat tersebut," tulis narasi unggahan video tersebut.

Artikel ini telah terbit di halaman okezone.com dengan judul Viral! Wanita Buang Bayi yang Baru Dilahirkan di Pasar Cakung, Awalnya Diduga Anak Kucing

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut