get app
inews
Aa Read Next : Polisi Grebek Markas Begal di KIM III, 9 Pelaku yang Diamankan Positif Narkoba

Soal Aksi Begal, Penting Membangun Pola Komunikasi yang Sehat Dalam Keluarga

Sabtu, 15 Juli 2023 | 13:05 WIB
header img
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi "Pembangunan" (STIK-P), Arianda Tanjung S.Ikom, M.Kom.I (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kasus aksi begal, yang melibatkan kekerasan dan pencurian terhadap korban yang tidak bersalah, menjadi perhatian serius dalam masyarakat, khususnya di Kota Medan saat ini. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya aksi begal, termasuk kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan. 

Soal maraknya aksi begal ini, menurut Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi "Pembangunan" (STIK-P), Arianda Tanjung S.Ikom, M.Kom.I mengatakan bahwa salah satu faktor yang sering diabaikan adalah lemahnya pola komunikasi dalam keluarga. Ketika komunikasi dalam keluarga terhambat, anggota keluarga mungkin tidak memahami perasaan, kebutuhan, dan masalah satu sama lain. 

"Ini dapat menyebabkan rasa ketidakpedulian dan kurangnya empati antar anggota keluarga," kata Arianda, Sabtu (15/7/2023).

"Seseorang yang merasa tidak didengar atau diabaikan mungkin mencari perhatian di luar keluarga, yang dapat memicu perilaku yang merugikan seperti terlibat dalam aksi begal," sambungnya.

Arianda menuturkan, ketidakmampuan keluarga untuk berkomunikasi dengan baik juga dapat menyebabkan konflik yang sering terjadi. Konflik yang tidak diselesaikan dengan baik dan meningkat menjadi kekerasan dapat menciptakan lingkungan yang tidak aman dan tidak stabil. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut