get app
inews
Aa Read Next : Barbora Krejcikova Juara Wimbledon 2024

5 Fakta Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi yang Lolos ke Semifinal Wimbledon

Kamis, 13 Juli 2023 | 09:00 WIB
header img
Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi. (Foto: Reuters)

LONDON, iNewsMedan.id - Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi merupakan salah satu atlet yang mengaharumkan nama bangsa di kancah Internasional.

Terbaru, Aldila sukses melaju ke babak semifinal sektor ganda campuran Wimbledon 2023. Bersama pasangannya, Matwe Middelkoop, mereka kini telah menembus dua babak semifinal ajang Grand Slam.

Prestasi Aldila juga telah memberikan beberapa raihan lainnya. Seperti ketika memenangkan lima medali emas SEA Games di nomor ganda campuran dan beregu.

Berikut lima fakta menarik mengenai Aldila Sutjiadi

1. Dari Keluarga Petenis

Siapa sangka jika Aldila Sutjiadi merupakan anak dari petenis DKI Jakarta, Indriantno Sutjiadi. Meski saat ini sudah berstatus petenis senior, Indriantno rupanya masih aktif bertanding.

Beliau kerap bertanding di pertandingan tenis alumni ITB. Tercatat pada 2021 lalu, Indriantno diketahui mengikuti Kejuaraan Nasional Tenis Baveti VIII di Semarang.

2. Memiliki prestasi akademik

Tak hanya menyabet prestasi di lapangan tenis, Aldila rupanya berprestasi dalam bidang akademik. Aldila diketahui mendapatkan beasiswa penuh dari University of Kentucky, Amerika Serikat.

Aldila menyelesaikan studi di bidang Matematika Ekonomi selama 4 tahun dengan predikat summa cumlaude. Berkat raihannya itu, Aldila dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berprestasi di Amerika Serikat dalam Elite 90 oleh NCAA.

3. Sudah Terjun Sejak Usia 15 Tahun

Aldila sudah menyukai olahraga tenis sejak kecil. Dia bahkan mengawali karier profesionalnya di dunia tenis sejak usianya baru 15 tahun. Saat itu, dirinya rajin mengikuti berbagai macam ajang perlombaan.

Berkat kegigihan sejak kecil, Aldila mampu merebut sejumlah medali. Termasuk lima medali emas SEA Games, medali emas Asian Games 2018, hingga sekarang menembus 50 besar WTA sektor ganda.

4. Lihai Juga di Sektor Tunggal

Kemampuan Aldila memang lebih sering terlihat di sektor ganda campuran. Namun, dia juga terbilang cukup lihai sata bermain di sektor lain, seperti ganda putri dan tunggal putri.

Aldila bahkan menunjukkan kebolehannya di sektor tunggal pada SEA Games 2019 lalu. Ketika itu, dia dapat menjadi juara pada sektor tunggal putri, dengan mengalahkan wakil Vietnam, Savanna Ly Nguyen.

5. Kantongi 3 Titel WTA

Aldila pertama kali memenangkan gelar WTA, saat menjadi juara Copa Colsanitas 2022. Hal itu membuat Aldila menjadi petenis Indonesia pertama yang memenangkan Tur WTA, sejak Angelique Wijaya pada 2003.

Setelah itu, Aldila juga mampu memenangkan Auckland Open 2023, bersama Miyu Kato. Kesuksesan Aldila kembali diulangi saat menang ATX Open 2023, Maret lalu saat berduet dengan Erin Routliffe.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Fakta Aldila Sutjiadi Petenis Indonesia yang Tembus Semifinal Wimbledon, Nomor 2 Diakui AS

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut