get app
inews
Aa Read Next : Bobby Nasution Lepas 348 Calhaj Kloter IV di Asrama Haji Medan

Dukung Program Bobby Nasution, Kecamatan Medan Belawan Ubah Sampah Plastik Jadi Balok dan Papan

Kamis, 06 Juli 2023 | 12:53 WIB
header img
Dukung Program Bobby Nasution, Kecamatan Medan Belawan Ubah Sampah Plastik Jadi Balok dan Papan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Sebagai upaya mengurangi sampah plastik dan mendukung program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution di bidang kebersihan, Kecamatan Medan Belawan dan warga berinovasi mendaur ulang sampah plastik menjadi balok dan papan

Dengan menggunakan mesin khusus sebelum menjadi balok dan papan, sampah plastik yang telah dikumpulkan dan dibersihkan dimasukkan ke dalam mesin kemudian dilelehkan dengan suhu panas mencapai 400 derajat celcius. Setelah itu lelehan plastik tersebut di alirkan ke mal pencetak dan dipres menjadi bentuk balok atau papan yang kuat seperti dari bahan kayu.

Hasil daur ulang sampah plastik menjadi balok dan papan ini dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk berbagai kebutuhan layaknya bahan dari kayu seperti meja, kursi, pagar dan tiang lampu taman. Inovasi yang dilakukan Kecamatan Medan Belawan dan warganya ini juga dapat berdampak untuk lingkungan yakni dapat mengurangi jumlah penebangan pohon.

Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap menjelaskan pengolahan sampah plastik menjadi balok dan papan ini merupakan salah satu inovasi di Kecamatan Medan Belawan yang diinisiasi salah satu warga yang juga pengusaha muda. Selain mengurangi sampah plastik, inovasi yang dilakukan ini juga merupakan upaya dalam mendukung program prioritas bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution baik itu di bidang kebersihan  maupun Bidang UMKM.

"Pengolahan sampah plastik menjadi balok dan papan ini adalah bentuk kolaborasi Kecamatan Medan Belawan dengan pengusaha muda. Sebab diketahui bersama sampah plastik di Kecamatan Medan Belawan ini sangat banyak, disamping itu sampah- sampah yang dikirim ke TPS dan TPA selama ini juga didominasi oleh sampah plastik," Kata Camat Medan Belawan di tempat pengolahan sampah plastik, Rabu (5/7/2023).

Menurut Subhan, sampah plastik kresek dan kemasan maupun sachet selama ini dibuang sembarangan dan dianggap tidak bernilai ekonomis oleh masyarakat, namun setelah adanya mesin pengolahan  sampah plastik menjadi balok dan papan, sampah plastik kini dapat menjadi barang yang berguna.

"Hasil olahan sampah plastik menjadi balok dan papan akan kita aplikasikan menjadi sebuah produk yang bermanfaat seperti meja, kursi taman dan lampu hias dan tiang lampu taman," Ujarnya.

Subhan berharap adanya mesin ini seluruh sampah plastik di Kecamatan Medan Belawan ini akan berkurang bahkan habis, sebab saat ini di kita memiliki mesin pengolahan sampah plastik menjadi balok dan papan.

"Untuk mencetak balok dan papan menggunakan mesin ini diperlukan 12 kg sampah plastik, saat ini kita kekurangan bahan baku. Mengatasi hal tersebut kita akan berkolaborasi dengan bank sampah yang ada agar dapat memanfaatkan sampah plastik menjadi Balok dan Papan," sebutnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut