get app
inews
Aa Read Next : Bobby Nasution Lepas 348 Calhaj Kloter IV di Asrama Haji Medan

Pemko Medan Berikan Kemudahan Bagi Pelaku Usaha Lewat Layanan Perizinan Online

Rabu, 05 Juli 2023 | 17:41 WIB
header img
Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri Opening Ceremony Kopi Fest Indonesia 2023. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pemko Medan senantiasa berusaha memberikan kemudahan dalam segala bentuk pengurusan, khususnya izin berusaha bagi para pelaku usaha, termasuk usaha kopi.

Salah satu bentuk kemudahan itu dengan menghadirkan layanan perizinan secara online. Hal ini dilakukan sebagai upaya menghadirkan kemudahan untuk membuka maupun memperluas usaha bagi setiap pelaku usaha.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri Opening Ceremony Kopi Fest Indonesia 2023 di Lobby Atrium Sun Plaza Medan, Rabu (5/7/2023).

Kota Medan menjadi kota pertama digelarnya festival yang menjadi wadah bagi para pecinta kopi di seluruh Indonesia tersebut.

“Bahkan, saat ini kita juga telah mendorong para pelaku usaha untuk mendaftarkan brand mereka agar memperoleh HAKI. Kita fasilitasi secara gratis. Tujuannya, membantu pelaku usaha melindungi produk mereka dan apabila terdapat penggunaan di luar dari sepengetahuan pemiliknya maka mereka bisa mendapatkan royalti,” kata Bobby Nasution.

Terkait upaya yang dilakukan Pemko Medan guna mendorong pertumbuhan UMKM, khususnya industri kopi di Kota Medan, Bobby Nasution menuturkan,  harus dilakukan upaya yang berkesinambungan mulai dari hulu hingga hilir sehingga seluruh komponen yang terkait dapat hidup. 

“Jadi, tidak boleh hanya sekadar melakukan pembangunan fisik saja tanpa ada sumber daya manusia. Namun, tidak boleh juga hanya sekadar sumber daya manusia tapi fasilitasnya tidak kita berikan. Nah, kita akan berikan fasilitas-fasilitas fisik yang akan dibangun dimana peruntukannya bagi para komunitas-komunitas barista, pecinta  dan pengusaha kopi,” imbuhnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut