get app
inews
Aa Read Next : 6 Pendaki Gunung Cikuray Tersambar Petir, 1 Orang Dinyatakan Tewas

Deretan Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera, Nomor 6 Ada Air Terjun dan Telaga

Sabtu, 01 Juli 2023 | 18:30 WIB
header img
Gunung Sinabung (Foto: Antara/IST)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini merupakan medan yang menarik bagi para pendaki. Salah satunya, Gunung Sinabung.

Indonesia dikenal sebagia salah satu negara yang memiliki banyak gunung. Tak heran pada pendaki di sejumlah gunung di Indonesia pun kerap ada yang dari luar negeri.

Salah satu pulau yang kaya akan gunungnya salah satunya Sumatera. Tercatat lebih dari 40 gunung yang ada di Pulau Sumatera.

Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

1. Gunung Kerinci

Gunung yang berada di Sumatera Barat ini memiliki ketinggian  3.805 mdpl. Gunung ini statusnya masih akfif. Terakhir meletus di tahun 2009.

2. Gunung Pesagi

Gunung Pesagi memiliki ketinggian 3.221 mdpl. Secara geografis berada Lampung. Gunung ini statusnya mati alias tidak aktif dan menjai gunung bersejarah di Lampung.

3. Gunung Leuser

Gunung Leuser berada di tiga kabupaten Aceh yakni Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Gayo Lues. Gunung Leuser ini masuks ke dalam Taman Nasional Gunung Leuser. Gunung ini memiliki ketinggian 3.404

4. Gunung Dempo

Gunung ini berada di perbatasan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.159 mdpl. Statusnya masih aktif hingga kini.

5. Gunung Bandahara

Masih berada di wilayah Aceh, tepatnya di Kabupaten Gayo Lues, gunung Bandahara memiliki ketinggian 3.030 mdpl. Jika mendaki gunung ini, kalian akan menemukan Nepenthes yakni tanaman endemik Pulau Sumatra yang hanya ada di Gunung Bandahara.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut