get app
inews
Aa Read Next : Penjelasan Rektor USU Soal Gadis Yatim Gagal Kuliah Karena Tak Sanggup Bayar UKT 

Pertama di Sumut, FKG USU Miliki Cad dan Cam Pembuatan Gigi Tiruan Menelan Waktu 24 Jam

Selasa, 20 Juni 2023 | 14:30 WIB
header img
Open house melihat alat Cad/Cam milik FKG USU dihadiri langsung oleh Rektor USU, Prof Muryanto Amin dan Dekan FKG USU, Dr. drg. Essie Octeria, Sp. KGA. (Foto: Istimewa). (Foto: Istimewa)

Dekan FKG USU, Dr. drg. Essie Octeria, Sp. KGA mengatakan Cad/Cam ini, sebagai promosi bagi FKG USU, Rumah Sakit (RS) Gigi dan Mulut USU, Laboratorium Dental FKG USU dengan fasilitas medis yang canggih dimiliki.

"Kita sudah memiliki teknologi canggih, dimana kita bisa buat gigi tiruan, hanya 1 x 24 jam. Kalau konvensional bisa butuh waktu sampai satu minggu," ucap Essie.

Dengan memiliki canggih ini, Essie mengungkapkan pihak siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan wacana penerapan Dental and Medical Tourism di Kota Medan. Sehingga untuk perawatan gigi dalam pelayanan medis, masyarakat tidak perlu ke luar negeri.

"Satu sisi lain, bisa membantu dental tourism, dimana mereka mungkin dengan waktu terbatas. Dengan lokasi jauh, satu hari Gigi tiru ini sudah selesai," kata Essie.

Kepala Laboratorium Dental FKG USU, Prof Haslinda Z Tamin menjelaskan secara institusi perguruan tinggi, Cad/Cam ini, merupakan perdana di Sumut, yang alat medis canggih dimiliki oleh FKG USU.

"Kalau Kita bicara Cad/Cam ini, ada yang di lab, ada yang di klinik. Kalau Cad/Cam di Klinik, mungkin bisa dipunyai oleh Dokter Gigi. Tapi, produksi di laboratorium untuk di Sumatera Utara di Institusi pendidikan, baru yang di USU," jelas Prof Haslinda.

Prof Haslinda mengungkapkan Cad/Cam ini, dua layanan yakni untuk akademik dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, untuk membuat gigi tiruan. Untuk pembuatan gigi tiruan, pihaknya sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di Sumut.

Prof Haslinda mengatakan untuk proses pembuatan gigi tiruan ini, bisa dilakukan dalam waktu singkat, hanya memerlukan waktu sekitar 24 jam. Gigi yang diinginkan pasien siap dibuat dengan cepat dan tepat.

"Kemudian, prosedur laboratorium dikirim kemari via online, kita buat dalam 24 jam selesai. Sehingga pelayanan kepada masyarakat, bisa dilakukan maksimal kepada masyarakat," jelas Haslinda.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut