get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Briptu Julhamadi Munthe Jadi Guru Bahasa Arab, Wujudkan Santri Berakhlaqul Karimah

Kisah Inspiratif Ibu Penyapu Jalan Asal Kaimana, Berhasil Sekolahkan 6 Anak hingga Perguruan Tinggi

Rabu, 31 Mei 2023 | 10:00 WIB
header img
Kisah Inspiratif Ibu Penyapu Jalan Asal Kaimana, Sekolahkan 6 Anak hingga ke Perguruan Tinggi. (Foto: Antara)

MANOKWARI, iNewsMedan.id - Kisah inspiratif penyapu jalan bernama ibu Amina asal Kaimana, Papua Barat menarik untuk diketahui. Sebab, ia berhasil menyekolahkan enam anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Ibu Aimana pernah mendapatkan penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), yang diserahkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw.

Dalam keseharian, Amina bekerja sebagai penyapu jalan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kaimana. Pekerjaan itu telah dia lakoni sejak Hasan Ahmad Aituwarauw menjadi caretaker Bupati Kaimana pada 2003, kala Kaimana belum dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu Fafkak.

Upah dari menyapu jalan waktu itu dia terima hanya Rp500.000 per bulan, kemudian naik menjadi Rp1 juta per bulan ketika Matias Mairuma menjabat sebagai Bupati Kaiman dua periode (2016-2021). Hingga kini pada era Bupati Freddy Thie, upah dari menyapu jalan masih tetap Rp1 juta per bulan.

Terkadang Amina mengaku merasa lelah, namun semangatnya tak pernah luntur. Menyapu jalan, baginya, pekerjaan halal yang harus dijalani demi membiayai enam anaknya bersekolah, dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Pekerjaan menyapu jalan dilakukan mulai Senin-Sabtu, pukul 05.00 WIT. Ada empat kelompok petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup, dan Amina berada dalam kelompok dua.

"Mama (saya) menyapu dari pukul 05.00 pagi. Kadang ketemu orang mabuk tapi mama baik dengan mereka, jadi mereka tidak ganggu mama," kata Amina Sabuku usai menerima penghargaan.

Bermodalkan gaji dari upah menyapu jalan, Amina kemudian membuka usaha kecil-kecilan sembari mengajukan pinjaman di koperasi ketika salah satu anaknya mulai masuk perguruan tinggi. Amina tidak pernah mengeluhkan besaran gajinya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut