get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Emak-Emak Cuci Piring Ditemani Buaya di Kepulauan Anamabas

Penampakan Desa Unik di Iran Utara, Atap Rumah Penduduk Menyatu dengan Jalan Raya

Jum'at, 26 Mei 2023 | 12:00 WIB
header img
Penampakan Desa Unik di Iran Utara, Atap Rumah Penduduk Menyatu dengan Jalan Raya. (Foto: Apochi)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Penampakan desa unik yang berada di Iran Utara ini menarik untuk dijelejahi. Sebab, atap rumah penduduk tersebut menyatu dengan jalan raya.

Ya, desa tersebut bernama Masouleh. Desa kecil ini terbilang berusia tua dan bersejarah (1600M). Letaknya lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut. Tepatnya di lereng pegunungan Alborz, Gilan, Iran Utara.

Desa ini memiliki daya tarik karena keunikan yang terdapat dari atap rumah penduduk dan jalan raya yang menyatu. Jika dilihat, atap rumah penduduk di desa itu adalah jalanan utama yang kerap dilalui warga.

Penasaran seperti apa keunikan dari Desa Masouleh di Iran ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (13/5/2023).

Keunikan Desa Masouleh

Ada beberapa alasan kenapa penduduk di Desa Masouleh tinggal di tempat yang tinggi dan memiliki rumah beratapkan jalanan. Mereka memilih tempat yang tinggi untuk menghindari banjir dari lembah di bawahnya, dan melindungi mereka saat musim dingin.

Dikutip dari Archdaily, keberadaan pemukiman warga saat ini memungkinkan mereka mendapatkan sinar matahari yang cukup, suhu, dan perlindungan yang lebih optimal.

Masyarakat di desa ini mengoptimalkan ruang di atas ketinggian dengan cara membuat atap rumah yang terbuat dari tanah liat, dengan struktur kokoh sehingga memiliki fungsi ganda yaitu sebagai atap sekaligus jalanan.

Diketahui, arsitektur dari desa ini telah berusia kurang lebih 1.000 tahun. Tak hanya perumahan warga, di sini juga dibangun restoran, kafe, serta pasar yang terletak di atap dan rumah di bawahnya. Alam, arsitektur, dan komunitas di daerah ini berkembang bersama.

Rumah-rumah di desa ini dibangun dari kombinasi material berupa kayu, batako, dan batu yang berdiri sangat kokoh di atas kemiringan 60 derajat. Dengan batu alam sebagai fondasinya, dan “koh deevar” atau “dinding gunung” yang kokoh, ditopang oleh lereng gunung di belakang setiap bangunan. Desa berundak ini dibangun agar tahan gempa.

Keunikan Arsitektur Lainnya

Selain atap dan jalannya, keunikan lain yang bisa ditemukan di desa ini adalah ukuran jendela yang cukup besar di bagian depan setiap rumah, sehingga sinar matahari bisa masuk lebih banyak dan memberi kehangatan bagi pemilik rumah.

Pusat Perdagangan sejak Zaman Dulu

Desa ini telah lama menjadi pusat perdagangan selama berabad-abad dan dikenal sebagai salah satu jalur sutra. Banyak orang yang datang dari seluruh wilayah untuk menjual barang dagangan mereka. Awal abad 20, desa ini digunakan sebagai benteng oleh Gerakan Jangali, yang menentang pendudukan Iran oleh pasukan Ottoman, Inggris dan Rusia.

Tidak berbeda dengan perdagangan yang menjadi pusat masyarakat di masa lalu, bazar tetap menjadi jantung desa. Di sini beberapa kerajinan tangan dibuat dan dijual oleh penduduk desa seperti seni gereh-chini (kayu tradisional) yang jadi bagian dari bangunan rumah-rumah di sana sebagai jendela dengan kisi-kisi atau motif kayu yang rumit.

Desa Masouleh Jadi Warisan Dunia UNESCO

Berdasarkan keunikan Desa Masouleh itulah yang menjadikannya masuk dalam Situs Warisan oleh UNESCO pada tahun 2017. Tempat tersebut dikenal sebagai Kohneh Masouleh, atau Masouleh Tua, situs kuno tersebut tidak lebih dari hamparan tanah kosong yang dipenuhi bebatuan, sementara desa lainnya yang modern tinggal di dekatnya.

Itulah seputar keunikan Desa Masouleh di Iran yang akan membuat siapa saja penasaran.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Unik, Hanya di Desa Ini Jalanan Dibangun di Atap Rumah Penduduk

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut