Logo Network
Network

Direktur STFJ: Kerusakan Lingkungan Harus Menjadi Tanggung Jawab bagi Manusia

Jafar
.
Jum'at, 26 Mei 2023 | 08:00 WIB
Direktur STFJ: Kerusakan Lingkungan Harus Menjadi Tanggung Jawab bagi Manusia
Direktur Sumatera Tropical Forest Journalism (STFJ), Rahmad Suryadi menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Aula Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU). (Foto: Istimewa)

Dekan Fakultas Hukum, Dr Faisal SH MHum mengatakan, kegiatan FGD ini dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan bersama terkait lingkungan hidup. Mengingat, telah terjadi kerusakan lingkungan yang sangat mengkhawatirkan, mulai dari tingkat global, nasional dan lokal.

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)," ujar Faisal sembari mengutip ayat al-Qur'an Surat Ar-Rum ayat 41.

Ketua MHH PWM Sumut ini juga kembali menegaskan bahwa segala bentuk kerusakan lingkungan di muka bumi adalah akibat ulah tangan manusia.

"Dikarenakan kerusakan lingkungan ini oleh ulah tangan manusia, maka semestinya ada juga sebagian dari kita yang mencoba untuk menyelamatkan bumi ini. Bagaimana strategi kita untuk menyelamatkan lingkungan, itulah yang akan kita diskusikan bersama-sama dalam kegiatan ini, khususnya dalam konteks advokasi menjaga lingkungan yang berkelanjutan," pungkasnya.

FGD yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dan dosen FH UMSU ini dipandu oleh M. Indra Kurnia (Deputi Direktur YOSL-IOC) dengan menghadirkan sejumlah nara sumber, yakni Panut Hadisiswoyo (Ketua Dewan Kehutanan Daerah/DKD Sumut), Ibrahim Nainggolan (Aktivis Lingkungan dan Akademisi UMSU) dan Kusuma RB Simanjuntak (Polhut Muda pada Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera).

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr Faisal SH MHum, WD I Dr Zainuddin SH MH, WD III Atikah Rahmi SH MH, Pengurus MHH PWM Sumut, pengurus STFJ, pengurus LBH UMSU dan Jajaran Kepala Bagian di lingkungan FH UMSU.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini