get app
inews
Aa Read Next : KPU Sumut Dukung Talkshow Optimalisasi Pemilih Difabel: Pendidikan Politik Sangat Perlu

HUT ke-43 Dekranas, Bentuk Upaya Mendorong Tumbuh Kembangnya UMKM di Indonesia

Kamis, 18 Mei 2023 | 14:33 WIB
header img
HUT ke-43 Dekranas, Bentuk Upaya Mendorong Tumbuh Kembangnya UMKM di Indonesia. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Puncak perayaan HUT ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Medan, dilengkapi dengan talkshow Literasi Keuangan dan Dukungan Permodalan bagi UMKM yang diselenggarakan Kementerian BUMN dan didukung penuh Bank BRI dan Pegadaian.

Acara yang digelar melalui kolaborasi dengan Dekranas ini sebagai bentuk upaya mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Indonesia utamanya pada aspek keuangan dan permodalan yang memang menjadi salah satu instrumen penting dalam pengembangan usahanya. Aspek ini perlu ditunjang dengan tingkat pemahaman atau melek keuangan yang baik.

Merujuk pada hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia tahun 2022 oleh OJK, bahwa tingkat inklusi keuangan telah mencapai 85,10 persen, namun indeks literasi keuangan baru mencapai 49,68 persen meskipun telah mengalami peningkatan dibanding tahun 2019 yang mencapai 38,03 persen.

Hal ini menunjukkan adanya “gap” antara tingkat literasi atau tingkat melek keuangan masyarakat dengan tingkat inklusi keuangan.

“Tingkat inklusi dan literasi keuangan perlu untuk terus diselaraskan agar meminimalisir risiko masyarakat termasuk pelaku UMKM dalam mengakses layanan keuangan. Melalui tingkat inklusi keuangan yang baik dengan ditopang tingkat literasi keuangan yang memadai, akan mendorong layanan keuangan menjadi lebih produktif dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat," ungkap Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN.

Pagelaran talkshow dihadiri 200 pelaku UMKM dari kota Medan serta beberapa kabupaten/kota lainnya di provinsi Sumatera Utara secara luring di Lapangan Benteng Medan serta dapat disimak UMKM lainnya melalui kanal Youtube Dekranas dan Pegadaian.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut