get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Ngobrol Bareng Legislator: Dunia Maya dan Jejak Digital

Minggu, 16 April 2023 | 13:07 WIB
header img
Ngobrol Bareng Legislator: Dunia Maya dan Jejak Digital (ist)

JAKARTA, iNewsMedan.id-  Teknologi digital yang semakin pesat telah memberikan berbagai dampak positif sekaligus dampak negatif terhadap masyarakat apabila hal tersebut disalahgunakan. 

Adanya internet dan media digital yang kita gunakan baik buruknya akan terekam dan jejak digital tersebut tidak dapat dihilangkan. 

Anggota Komisi I DPR RI, Anton Sukartono Suratto, M.Si menyampaikan ada dua jenis jejak digital, yaitu jejak digital pasif dan jejak digital aktif. 

Jejak digital pasif biasanya tidak ada tindakan yang dilakukan namun terekam secara otomatis, seperti terekamnya alamat IP, riwayat pencarian, dan lokasi pengguna internet. 

Sedangkan jejak digital aktif merupakan segala jejak digital yang tercipta atas peran aktif si pengguna. Contohnya seperti unggahan media sosial, mengisi formulir daring, dan juga mengirim surel atau email. 

“Keamanan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan di dalam penggunaan teknologi . Secara sadar atau tidak sadar ketika kita melakukan aktivitas di dunia maya akan meninggalkan jejak digital,"ucap Anton dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator: Dunia Maya dan Jejak Digital, Sabtu (15/4). 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut