get app
inews
Aa Read Next : Deretan Orang Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Genghis Khan

Kisah Raja Terkaya di Dunia Berangkat Haji Bawa 60.000 orang

Kamis, 13 April 2023 | 14:09 WIB
header img
Mansa Musa, Raja Terkaya di dunia (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id – Kisah raja terkaya di dunia yang berangkat naik haji dengan membawa rombongan 60.000 orang menarik untuk diketahui. Raja tersebut bernama Mansa Musa. Dia merupakan penguasa Afrika Barat di abad ke-14 yang tercatat dalam sejarah sebagai salah satu orang yang sangat kaya.

Total harta kekayaan yang dia miliki pun sempat diperkirakan Celebrity Net Worth mencapai USD400 miliar. Mansa dikenal sebagai sosok dermawan, hingga sedekah yang dia berikan kepada orang-orang sampai menghancurkan perekonomian suatu negeri.

’Jumlah kekayaan Musa jika dihitung di masa kini sungguh luar biasa sampai-sampai hampir mustahil untuk benar-benar memahami betapa kaya dan berkuasanya dia saat itu,’’ ungkap Guru Besar Sejarah di Universitas California dikutip dari BBC, Rabu (12/4/2023).

Berdasarkan catatan Okezone, Mansa Musa (Musa I dari Mali) merupakan penguasa kerajaan Mali dari tahun 1312 M hingga 1337 M. Kerajaan kuno Mali yang membentang sekitar 2.000 mil dari Samudera Atlantik ini tersebar di beberapa bagian Mali modern, Senegal, Gambia, Guinea, Niger, Nigeria, Chad, Mauritania, dan Burkina Faso berkat ekspansinya.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut