get app
inews
Aa
Read Next : Antusias Ratusan Emak-emak Antre Sembako Murah

Deretan Orang Terkaya Sepanjang Masa, Nomor 1 Genghis Khan

Kamis, 29 September 2022 | 13:48 WIB
header img
Genghis Khan, salah satu orang terkaya di dunia sepanjang masa. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan orang terkaya sepanjang masa menarik untuk diulas. Dari industrialis Amerika abad ke-19 hingga raja Afrika yang pernah memiliki setengah dari emas dunia Mansa Musa.

Berikut orang-orang paling kaya sepanjang masa, yang diperkirakan oleh para ekonom serta sejarawan terkemuka dan disesuaikan dengan inflasi, dikutip dari MNS:

10. Osman Ali Khan, Asaf Jah VII 

Osman Ali Khan adalah penguasa terakhir Hyderabad di India, yang memimpin dari 1911 hingga 1948. Pada abad ke-20, dia dikenal sebagai orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan sebesar 2 miliar dolar AS pada awal 1940-an. Ini setara dengan 2 persen dari ekonomi AS atau sekitar 230 miliar dolar AS saat ini.

9. Jacob Fugger 

Bankir, pedagang, dan pionir pertambangan ini adalah orang terkaya di Eropa pada awal abad ke-16. Kekayaannya yang luar biasa sebesar 277 miliar dolar AS memungkinkan dia mempengaruhi politik saat itu, menandai Kaisar Romawi Suci Maximilian I, serta membiayai Raja Spanyol Charles V.

8. Tsar Nicholas II dari Rusia 

Nicholas Romanov yang bernasib buruk memerintah Kekaisaran Rusia dari 1894 hingga 1917. Selama waktu itu, dia memiliki akses penuh ke kas negara, menjadikannya salah satu raja terkaya dalam sejarah dunia. Kekayaan pribadinya pada 1916 diperkirakan setara dengan 300 miliar dolar AS hari ini. 

7. Andrew Carnegie 

Berasal dari keluarga sederhana di Skotlandia, Andrew Carnegie memimpin ekspansi besar-besaran industri baja AS pada akhir abad ke-19. Kekayaan pribadinya diperkirakan bernilai 337 miliar dolar AS saat ini. Sebagai filantropis, Carnegie memberikan 90 persen kekayaannya ke berbagai badan amal dan lembaga pendidikan selama tahun-tahun terakhir hidupnya.

6. John D. Rockefeller 

Dikenal luas sebagai orang Amerika terkaya yang pernah hidup, John D. Rockefeller mendirikan perusahaan Standard Oil pada 1870 dan akhirnya mengendalikan sekitar 90 persen bisnis minyak AS. Ekonom Peter Bernstein memperkirakan, industrialis yang menjadi filantropis ini memiliki kekayaan pribadi sebesar 367 miliar dolar AS dalam bentuk uang hari ini.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut