get app
inews
Aa Read Next : Gegara Disuntik Minyak Pembesar, Alat Vital 2 Pria di Parepare Alami Infeksi dan Bernanah

Gejala Infeksi Saluran Kemih, Anyang-anyangan Umumnya di Derita Wanita!

Rabu, 12 April 2023 | 17:00 WIB
header img
Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Saat berada dalam perjalananan tak sedikit orang menahan buang air kecil dikarenakan tak ada tempat pemberhentian, ataupun malas untuk berhenti. Misalnya saat mudik libur Lebaran banyak orang yang melakukan perjalanan mudik, baik menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara.

Seringkali tak sedikit di antara kita yang suka untuk menahan buang air kecil selama di perjalanan. Waspadai hal demikian karena tanpa kita sadari menahan buang air kecil dapat menyebabkan risiko infeksi saluran kemih (penyakit urologi yang sering dialami perempuan), nyeri pada kandung kemih, atau batu saluran kemih bahkan sampai penurunan fungsi ginjal.

Pakar Urologi dan Konsultan Urologi Fungsional, Perempuan dan Neurourologi (Functional, Female and Neurourology) Prof. Dr. Harrina E. Rahardjo, Sp.U (K), Ph.D. dari Siloam Hospitals ASRI menjelaskan, dari beberapa jenis penyakit urologi yang ada, infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh perempuan.

"Sebanyak 30% wanita pernah mengalami setidaknya sekali infeksi saluran kemih dan secara global kasus infeksi saluran kemih hampir sebanyak 150 juta per tahun,” ujar Prof. Harrina.

Dokter yang juga menjadi Guru Besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut menyebutkan, “Beberapa gejala yang perlu diwaspadai untuk infeksi saluran kemih adalah BAK nyeri, anyang-anyangan (merasa sering ingin BAK, tetapi yang dikeluarkan hanya sedikit-sedikit), warna urine keruh, dan berbau. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa jadi saat kencing akan mengeluarkan darah dan pasien mengeluhkan demam dan nyeri pinggang. Segera konsultasikan hal demikian ke dokter.”

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut