get app
inews
Aa Read Next : Tokopedia Gandeng Ahli Gizi Bagikan Tips Jaga Tubuh Tetap Fit Usai Lebaran

Cara Mendaftar Mudik Gratis Kemenhub 2023, Tersedia Moda Transportasi Darat, Laut, dan Kereta Api

Sabtu, 08 April 2023 | 09:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Pendaftaran mudik gratis lebaran 2023 bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah dibuka untuk umum. Masyarakat yang berminat bisa memilih moda transportasi yang disediakan, yakni darat, laut, dan kereta api.

Adapun untuk mudik gratis moda transportasi menggunakan bus, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 24.072 penumpang. Kuota tersebut terbagi untuk 18.528 penumpang arus mudik dan 5.544 arus balik.

Dari kuota tersebut, Kemenhub menyiapkan 585 bus, di mana 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus sisanya untuk arus balik. Selain itu, ada kuota 900 mudik gratis motor yang akan diangkut menggunakan 30 truk. Rinciannya, sebanyak 15 truk akan mengangkut masing-masing 450 unit sepeda motor pada arus mudik dan balik.

Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2023

Bagi Anda yang ingin mengikuti program ini, berikut cara daftar mudik gratis Kemenhub 2023 untuk jalur darat, laut, dan moda kereta api.

A. Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Transportasi Darat 

Berikut tahapan cara daftar mudik gratis Kemenhub dengan pemesanan tiket melalui aplikasi MitraDarat:

• . Masyarakat yang hendak mendaftar mudik gratis jalur darat dapat mengakses secara online dengan mengunduh aplikasi MitraDarat di PlayStore atau AppStore.

•  Kemudian calon pemudik dapat melakukan login pada aplikasi, lalu masukkan email/ akun Google. 

• Selanjutnya masukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP. 

• Jika login sudah berhasil maka akan muncul dashboard aplikasi MitraDarat.

• Untuk memesan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu “Mudik Gratis” pada aplikasi MitraDarat. 

• Lalu pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai. 

• Setelah itu, isi data diri. 

• Pemesanan tiket diakhiri dengan meng-klik tombol “Selesaikan Pemesanan"

Untuk syarat dan ketentuan mudik gratis 2023, antara lain pendaftaran secara online, melalui aplikasi mobile MitraDarat. Peserta juga wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP). Setiap peserta hanya bisa memilih 1 (satu) kota tujuan mudik. 

Bila peserta mudik gratis akan mengikuti mudik-balik (PP), maka pendaftaran arus balik dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, dengan catatan asal kota balik sama dengan kota tujuan mudik yang dipilih (tidak melayani pendaftaran hanya arus balik/urban).

Bagi peserta diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan. Jika lewat H+7, peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) untuk memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat–surat kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu) sebelum tanggal keberangkatan bus.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut