get app
inews
Aa Read Next : Pernikahan Putra Hotman Paris Ada 2 Konglomerat Kasih Amplop hingga Rp1 Miliar, Siapa Mereka?

Perjalanan Karir Hotman Paris Hutapea, Pengacara Kondang yang Pernah Mendapat Bayaran Rp160 Miliar

Selasa, 04 April 2023 | 08:00 WIB
header img
Pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Perjalanan karir Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara menarik untuk diketahui. Ia pernah mengalami masa sulit sebelum menjadi pengacara kondang di Indonesia.

Lalu bagaimana kisah sukses Hotman Paris Hutapea menjadi salah satu pengacara kondang di Indonesia?

Dikutip dari berbagai sumber, Hotman lahir pada 20 Oktober 1959 di Lagubotti, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dia lahir dari seorang ayah pengusaha bus di Kota Medan. Meski kaya, namun orang tuanya mendidik Hotman dan sudara-saudara dengan disiplin dan kerja keras.

Setelah lulus SMA, dia melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Parahyangan dan selesai hanya dalam waktu 3,5 tahun. Setelah itu, dia memulai kariernya di dunia advokat dengan bekerja dengan kantor firma hukum milik salah satu pengacara kondang di Indonesia. 

Pada 1982, Hotman diterima kerja di Kantor Pengacara OC Kaligis yang sudah lama dikenal sebagai pengacara kelas atas. Di kantor pertamanya tersebut, dia mendapatkan gaji Rp182.000 per bulan.

Setelah dari kantor pertamanya, Hotman kemudian pindah ke kantor Nasution Lubis Hadiputranto yang dimiliki oleh mendiang Adnan Buyung Nasution. Namun kariernya di sini tidak lama. Setelah tiga bulan kerja, dia direkrut Bank Indonesia (BI).

Namun bekerja di BI membuatnya frustrasi karena tidak bisa menyesuaikan diri. Akhirnya, dia memilih meninggalkan BI dan kembali mencari kerja di kantor pengacara terkenal. 

Hotman kemudian bergabung dengan firma hukum Makarim & Taira S yang dikelola oleh Nono Anwar Karim yang merupakan ayah dari pendiri Gojek sekaligus Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim. 

Kemudian pada 1990, Hotman mengambil gelar master ilmu hukum di University of Technology Sydney. Selain kuliah, dia juga magang di firma hukum Australia Freehill Hollingdale & Page. 

Pengalamannya bekerja di kantor pengacara dalam dan luar negeri membuat kariernya cepat berkembang. Hingga akhirnya pada 1999, Hotman mendirikan kantor pengacara sendiri, Hotman Paris Hutapea & Partners.

Melalui kantor pengacaranya itu, dia menangani banyak kasus mulai kecil hingga besar, dari masyarakat kecil, pengusaha, selebriti hingga pejabat. Dengan keberhasilannya menangani berbagai macam kasus, membuat tarifnya pun cukup fantastis. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut