get app
inews
Aa Read Next : Schneider Electric Dukung Pengembangan Industri dan Bangunan Hijau Melalui Solusi Digital

Ini Bekal yang Harus Disiapkan Hadapi Tren Pekerjaan di Dunia Digital 

Sabtu, 01 April 2023 | 10:24 WIB
header img
Webinar Ngobrol Bareng Legislator: Tren Pekerjaan di Dunia Digital, Jumat (31/3). 

JAKARTA, iNewsMedan.id- Memasuki era revolusi digital 4.0 memberikan berbagai perubahan terhadap aktivitas masyarakat. Termasuk dengan banyak bermunculan pekerjaan-pekerjaan baru di dunia digital. 

Anggota Komisi I DPR RI, Anton Sukartono Suratto, M.Si menyampaikan bahwasannya dengan adanya webinar ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui peran internet sebagai solusi literasi digital serta tren-tren pekerjaan yang ada di dunia digital. 

“Teknologi digital sama pentingnya dengan membaca, menulis, berhitung, dan disiplin ilmu lainnya. Yang mana setiap orang juga harus bertanggung jawab dalam menggunakan media digital yang ada. Sehingga, dibutuhkan pengetahuan atau literasi digital serta menggunakan etika yang ada dalam dunia digital,” ucap Anton dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator: Tren Pekerjaan di Dunia Digital, Jumat (31/3). 

Dengan menggunakan media digital dengan baik, serta dimanfaatkan dan digunakan dengan produktif. Misalnya, tren pekerjaan yang ada di dunia digital yang sangat menjanjikan. Sehingga mendapatkan sebuah penghasilan. 

Selanjutnya, pegiat literasi digital, Gun Gun Siswadi menjelaskan era digital mempengaruhi aktivitas pekerjaan masyarakat dari konvensional menjadi digital serta terjadi transformasi digital di berbagai sektor kehidupan masyarakat, termasuk tren pekerjaan. 

“Pekerjaan-pekerjaan selalu bertumbuh mengikuti perkembangan zaman. Yang mana pekerjaan baru muncul di era digital yaitu digital marketer (profesi di bidang pemasaran dengan memanfaatkan platform digital), content creator (seseorang yang bisa membuat sebuah konten berupa tulisan, foto, atau video), programmer, graphic designer, social media specialist (pekerjaan yang banyak dicari karena berperan besar dalam penyebaran informasi dan memberikan pengaruh), web designer, SEO Specalist (singkatan dari Search Engine optimization atau pengoptimalan mesin pencari, freelancer (freelancer atau pekerja lepas, tidak terikat sebuah perusahaan), bisnis online," tutur Gun Gun. 

Dalam hal itu, terdapat beberapa tips untuk menghadapi era digital yakni tingkatkan kesadaran mengenai pentingnya teknologi, sosialisasikan teknologi yang digunakan, pelatihan digital serta literasi, evaluasi serta optimalkan. 

"Selain tips tersebut kita juga harus memiliki pola piker digital yang baik yaitu tidak gengsi untuk belajar teknologi terkini dari orang lain, mampu membaca data dengan kritis, menghasilkan inovasi sebagai konten creator, serta dapat membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda," bebernya. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut