get app
inews
Aa Read Next : Dokter Influencer Dilarang Promosikan Produk di Media Sosial, IDI: MKEK Sudah Mengatur Etikanya

Digital Marketing Mix

Jum'at, 31 Maret 2023 | 15:38 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Bauran pemasaran digital merupakan strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk maupun jasa kepada pelanggan. Bauran pemasaran digital memiliki 7 elemen di antaranya, Product, Price, Promotion, Place, People, Physical evidence dan Process.

1. Product merupakan Segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan ke pasar baik berupa produk fisik atau layanan untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Suatu produk juga harus memperhatikan beberapa aspek penting di antaranya:

a. Design: Proses untuk menciptakan bentuk sebuah produk yang dapat diterima dan diminati secara luas oleh pelanggan

b. Kualitas: kemampuan produk dalam melakukan fungsi-fungsinya, kemampuan itu meliputi daya tahan, kehandalan, ketelitian, yang diperoleh dari produk

c. Teknologi: ilmu yang berhubungan dengan alat atau mesin (produk) yang diciptakan untuk mempermudah dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan sehari-hari.

d. Branding: identitas unik agar sebuah merek atau sosok terlihat berbeda dari merek lain, sehingga menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.

e. Kegunaan dan fungsi: kemampuan dari barang itu untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan manusia.

f. Kemasan: Kemasan adalah wadah pelindung suatu produk yang menjadi identitas produk dan digunakan untuk meningkatkan nilai jual.

Digital Value merupakan nilai bisnis atau nilai ekonomi yang dihasilkan melalui digitalisasi adapun cara meningkatkan Nilai Produk dapat dilakukan dengan cara menawarkan kualitas produk yang lebih baik dari pesaing dengan harga yang sama, meningkatkan layanan pelanggan dengan mudah dihubungi, ramah, tanggap, dan memberikan solusi, dan meningkatkan kenyamanan yang ditawarkan misalnya menyediakan banyak metode pembayaran.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut