MEDAN, iNewsMedan.id - Teknologi saat ini berkembang dengan pesat dan membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi pada bidang bisnis khususnya pemasaran. Agar dapat bertahan dan bersaing dalam persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus melakukan inovasi di berbagai bidang. Salah satunya inovasi dalam teknologi pemasaran, yaitu Metaverse marketing.
Metaverse dari sisi bahasa bermakna melampaui semesta. Berdasarkan teori, metaverse dibangun dari beberapa dunia virtual yang dapat dikendalikan. Konsep metaverse pertama kali muncul di novel fiksi ilmiah karya Neal Stephenson pada tahun 1992. Konsep tersebut kembali memperoleh perhatian publik ketika Mark Zuckerberg membahasnya dan melakukan perubahan pada Facebook dengan mengganti nama perusahaan yang menaunginya menjadi Meta.
Konsep metaverse menurut Stephenson adalah dunia nyata mirip dengan yang kita tempati, direproduksi dalam bentuk virtual. Mobile Marketing Association (MMA) mendeskripsikan metaverse sebagai perpaduan perdagangan virtual dengan mekanisme game. Dikutip dari USA Today, metaverse adalah kombinasi dari berbagai elemen teknologi yang meliputi virtual reality, augmented reality dan video. Dalam metaverse, pengguna dapat merasakan dunia digital yang terasa hidup, melakukan teleportasi dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya dan memfasilitasi segalanya mulai dari interaksi sosial, hiburan, belanja dan juga melakukan pekerjaan.
Berikut beberapa manfaat metaverse marketing bagi perusahaan :
1. Meningkatkan pengalaman pelanggan
Melalui metaverse perusahaan akan menghasilkan lebih banyak data yang dapat digunakan untuk menyesuaikan pengalaman dan mengoptimalkan strategi marketing. Perusahaan juga dapat berbagi informasi produk dengan pelanggannya saat berinteraksi dengan produk virtual melalui augmented reality.
Editor : Odi Siregar