get app
inews
Aa Read Next : Mabes Polri Buka Peluang Ada Tersangka Lain Kasus Pembakaran Rumah Wartawan Sempura Pasaribu

Osteoporosis Bisa Disebabkan Karena Keturunan? Begini Penjelasan Spesialis Ortopedi!

Rabu, 29 Maret 2023 | 17:45 WIB
header img
Ilustrasi Osteoporosis (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Masalah tulang kerap kali dikaitkan dengan kurangnya asupan kalsium. Siapa sangka, selain faktor kalsium ternyata ada faktor lain yang menyebabkan penyakit gangguan pada tulang. Gangguan kesehatan tulang contohnya osteoporosis, juga bisa jadi salah satu aspek yang diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya.

Anak dari orangtua dengan masalah kesehatan tulang, punya risiko lebih besar mengalami masalah tulang dibandingkan dengan anak dari orang tua bertulang sehat. Hal ini, dikatakan spesialis bedah ortopedi konsultan foot dan ankle, dr. Astuti, karena adanya faktor genetik.

"Faktor genetik (seperti) punya riwayat ibu atau ayah punya patah tulang, anak kemungkinan besar (bisa) kena osteoporosis,” jelas dr. Astuti dalam gelaran Diskusi bersama Media di Jakarta, Rabu (22/2/2023).

“Jadi kalau di keluarganya punya riwayat orangtua, ibu atau ayah yang mengalami patah tulang, dibandingkan orang tua yang mempunyai tulang sehat," imbuhnya.

Osteoporosis sendiri merupakan kondisi kesehatan tulang yang melemah, rapuh dan lebih gampang patah. Kondisi yang berkembang secara perlahan-lahan dalam kurun waktu selama beberapa tahun, dan seringkali hanya terdiagnosis ketika orang tersebut jatuh atau mengalami benturan tiba-tiba yang menyebabkan tulang jadi patah, dikutip dari laman resmi National Heart Service (NHS) UK.

Editor : Chris

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut