get app
inews
Aa Read Next : Kasus Covid-19 di Sumatera Utara Meningkat, Kadinkes Sumut: Peningkatan  Sejak 2 Hari Lalu 

Mulai Orang Obesitas Hingga Perokok Aktif Disarankan Tetap Pakai Masker, Ini Alasannya!

Rabu, 22 Maret 2023 | 15:46 WIB
header img
Ilutrasi Memakai Masker (Foto: Istimewa)

iNewsMedan.id - Aturan memakai masker saat ini sudah dilonggarkan oleh pemerintah. Namun bukan berarti virus Covid-19 telah menghilang dari Indonesia.

Ahli Paru Prof Agus Dwi Susanto menyebut, pada kenyataannya Covid-19 masih ada. Oleh karena itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun tetap mempertahankan status pandemi Covid-19.

"Covid-19 kasusnya sudah turun, tapi virusnya masih ada di antara kita. Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa ada kelompok orang yang rentan bergejala berat saat terinfeksi Covid-19," kata dia dalam webinar Pfizer Indonesia.

So, siapa saja orang yang rentan bergejala parah saat terinfeksi Covid-19? Menurut Dokter Spesialis Paru dr Irawaty Djaharuddin, Sp.P(K), faktor umum yang dapat menempatkan seseorang pada risiko tinggi Covid-19 di antaranya seseorang berusia 60 tahun ke atas, penderita diabetes tipe I dan II, maupun penderita penyakit imunosupresif.

"Selain itu, orang obesitas, perokok aktif, dan penggunaan obat-obatan yang melemahkan sistem imun untuk waktu lama juga membuat mereka rentan bergejala serius saat terinfeksi Covid-19," kata dr Irawaty.

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut