get app
inews
Aa Read Next : Bulan Ramadan, BPJamsostek Cabang Medan Kota Bagikan 100 Paket Takjil

Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Alami Kenaikan Ditengah Tren Permintaan Menurun

Selasa, 21 Maret 2023 | 18:45 WIB
header img
Harga daging sapi di tingkat pedagang pengecer di Kota Medan mengalami kenaikan hingga Rp150.000 per kilogram menjelang bulan Ramadan. (Foto: Kharisma/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Menjelang bulan suci Ramadan, harga daging sapi di salah satu pasar tradisional di Kota Medan menyentuh Rp150.000 per kilogram.

Kenaikan harga daging sapi tersebut berdasarkan pemantauan lewat Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Sumatera Utara (Sumut).

"Untuk harga di tingkat pedagang besar atau distributor, harga daging sapi masih nerada dikisaran Rp115.000 hingga Rp117.000 per kilogram. Kenaikan harga di level pengecer, saya pikir merupakan hal yang lumrah terjadi untuk kondisi pasar saat ini. Apalagi di hari besar keagamaan harga jual pasti mengalami perubahan yang drastis," kata Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin di Sumut, Selasa (21/3/2023).

Gunawan menuturkan, pedagang pengecer saat ini tengah memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keuntungan.

Apalagi, di level pedagang pengecer yang lebih memahami bagaimana permintaan tersebut terjadi di lapangan. Jika berkaca kepada konsumsi daging sapi itu sendiri, memang di saat menjelang Ramadan ada lompatan demand yang terjadi sesaat.

"Jika membandingkan konsumsi atau permintaan daging sapi untuk periode yang sama, justru ada penurunan konsumsi sekitar 43 persen dibandingkan tahun lalu. Artinya, konsumsi daging di awal Ramadan tahun ini dengan tahun sebelumnya kian memburuk. Bahkan, beberapa rumah potong hewan mengeluhkan rata-rata harian pemotongan yang belum juga pulih dibandingkan masa sebelum pandemi Covid-19," ujarnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut