get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Artificial Intelligence untuk Digital Marketing

E-commerce Sebagai Penunjang Digital Marketing di Era Teknologi

Selasa, 21 Maret 2023 | 18:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Perubahan zaman semakin pesat hingga berkembangnya teknologi yang semakin gampang dan mudah untuk diakses. Dampak dari berkembangnya teknolgi dapat kita rasakan hingga saat ini, mulai dari dunia Pendidikan melalui platform zoom hingga bisnis melalui e-commerce.

E-commerce menjadi wadah bagi para pembisnis untuk mengembangkan usaha yang mereka punya, dengan adanya e-commerce telah banyak merubah dalam proses jual dan beli dalam dunia bisnis. Jika sebelumnya dalam proses jual dan beli, pedagang dan pembeli bertemu untuk berinteraksi menentukan barang dan harga yang sesuai. Dengan adanya e-commerce mereka tidak perlu bertemu, hanya melalui internet dengan platform e-commerce mereka berinteraksi dan menentukan kesusuaian barang dan harga yang mereka inginkan.

Kejujuran menjadi modal utama dalam berinteraksi di e-commerce, karena tanpa kejujuran kepercayaan tidak akan timbul dalam kedua bela pihak dan proses jual dan beli di e-commerce tidak dapat terlaksana dengan baik.

Dalam perkembangan platform e-commerce saat ini banyaknya bermunculan toko online sebagai penyedia jasa bagi para pedagang untuk merambah ke dunia digital marketing. Mulai dari Tokopedia dan Bukalapak e-commerce asli Indonesia, hingga Shopee dan Zalora e-commerce yang berasal dari Singapura. Pilihan toko online yang begitu beragam bagi pedagang untuk mempromosikan hingga menjual produk yang mereka punya.

Berikut manfaat E-commerce bagi para pelaku usaha

1. Hemat Biaya

Manfaat paling umum dalam e-commerce yaitu dapat mengehemat biaya. Biaya yang dikeluarkan bagi toko online atau e-commerce jauh lebih murah dari pada membuka sebuah gerai toko usaha yang dimiliki para pelaku usaha. Perbandingan ini dapat dilihat dari modal yang dikeluarkan seperti biaya sewa ataupun beli, peralatan dan operasional yang harus dikeluarkan diawal dalam membuka sebuah gerai toko.

Dengan e-commerce pelaku usaha hanya membuat akun bisnis dengan nama usaha yang mereka punya dalam platform e-commerce, ditambah dengan sedikit pembayaran untuk memunculkan nama usaha atau toko menjadi top list dalam pencarian produk yang sesuai, yang akan dicari oleh pembeli.

2. Operasional Toko Online Selama 24 Jam

Pelanggan dapat mengakses toko selama 24 jam tanpa henti, pelanggan dapat memilih produk yang tersedia di etalase toko online kita dan dapat melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja.

Sebagai pelaku usaha ini dapat menjadi peluang yang sangat menguntungkan dalam hal meningkatkan penjualan, pada saat pelanggan memesan barang dimalam hari. Toko online berjalan secara otomastis dalam melayani pelanggan, dan pelaku bisnis dapat memproses dan mengirimkan barang di pagi hari.

3. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas.

Dengan adanya internet membuat kita terhubung dengan banyak orang, salah satunya adalah e-commerce. Dengan adanya e-commerce pelaku usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Bahkan hingga menembus pasar internasional.

Pelaku usaha mempunyai toko online di e-commece membuat pelanggan dengan mudah menemukan hanya dengan melakukan pencarian terhadap produk yang kita pasarkan.

4. Data Pelanggan Dapat dengan Mudah Pelaku Usaha Dapatkan

Hal ini sejalan dengan proses pembelian produk yang dilakukan oleh pelanggan, data ini otomatis akan kita dapatkan mulai dari (no handpone, alamat, email) dan dijadikan sebagai penunjang perkembangan bisnis si pelaku usaha.

5. Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi

Kebutuhan setiap pelanggan berbeda-beda, dikarenakan faktor gender, usia dan latar belakang. Manfaat e-commerce dapat menghadirkan rekomendasi produk yang dibutuhkan, dan harga yang sesuai dengan budget setiap pelanggan. 

Hal ini dibutuhkan agar pelaku usaha, dapat menentukan segmentasi pasar dari produk yang akan mereka jual di e-commerce.

6. Menciptakan Brand Awareness

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 3, melalui e-commerce dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Sejalan dengan hal ini dapat diartikan produk yang kita punya sudah dikenal masyarakat, maka dengan sendirinya produk atau toko kita sudah membentuk brand awereness.

 

Ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita pasarkan, ini menjadi bukti bahwa produk yang kita jual bagus dan berdaya saing.

Artikel ini dibuat oleh Maulana Ichsanul Ridjal untuk memenuhi tugas Manajemen Pemasaran Program Studi Magister Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut