get app
inews
Aa Read Next : Alfamidi Gelar Kegiatan CSR Pencegahan Demam Berdarah di Medan

Kaitan antara Etika Bisnis dengan Corporate Social Responsibility

Selasa, 21 Maret 2023 | 17:30 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Perusahaan ada tidak hanya untuk mencari keuntungan. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan dampak sosial bagi masyarakat, sehingga keberadaan perusahaan tidak dapat dipisahkan dari masyarakat internal maupun eksternal perusahaan. Lingkungan sosial perusahaan perlu dikaji dengan baik, hal ini agar perusahaan tidak mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah dan tuntutan masyarakat yang mempengaruhi perusahaan.

Pemimpin perusahaan harus memikirkan bagaimana mengelola semua sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan perusahaan, dengan memperhatikan tuntutan masyarakat, meningkatnya tingkat persaingan dan dukungan masyarakat yang diinginkan perusahaan. Berbagai alasan tersebut pada akhirnya mengarah pada konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Tanggung jawab sosial perusahaan mencakup isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan, etika bisnis, investasi dalam pengembangan masyarakat, lingkungan kerja, tata kelola perusahaan yang baik, hak asasi manusia dan produk perusahaan.

Menurut Philippine Business for Social Progress, CSR adalah prinsip bisnis yang menunjukkan bahwa kepentingan bisnis jangka panjang terlayani dengan baik ketika keuntungan dan pertumbuhan dicapai selaras dengan pengembangan masyarakat, perlindungan dan kelestarian lingkungan, dan kualitas masyarakat. CSR life mengandung 5 dimensi yaitu dimensi lingkungan yang mengacu pada lingkungan, dimensi sosial yang berhubungan antara bisnis dan masyarakat, dimensi ekonomi yang mewakili aspek keuangan dari bisnis, dimensi stakeholder atau pemangku kepentingan, dan yang terakhir terkait tindakan sukarela (volunteer) untuk hal-hal yang tidak diatur dengan undang-undang atau peraturan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR merupakan komitmen yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan kontribusi jangka panjang terhadap masalah yang menimpa masyarakat atau lingkungan guna terciptanya lingkungan perusahaan yang baik. Kegiatan CSR dilakukan secara terus menerus untuk menciptakan kebebasan sipil yang diinginkan. Program CSR memerlukan dukungan keuangan perusahaan dan tidak memberikan hasil keuangan dalam jangka pendek. Namun, CSR akan memberikan hasil langsung maupun tidak langsung bagi keuangan perusahaan di masa yang akan datang.

Kegiatan CSR berkaitan dengan reputasi perusahaan dan citra baiknya di mata masyarakat, terutama di sekitar perusahaan. Program CSR memiliki kemampuan untuk meningkatkan citra perusahaan karena perusahaan yang mengelola usahanya dengan baik dan mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah, pemerintah dan masyarakat akan memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk beroperasi di wilayahnya. Citra positif ini akan menjadi aset penting bagi perusahaan untuk menjaga keamanan saat terjadi krisis.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut