get app
inews
Aa Read Next : Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa, Nomor 1 Terjual 250 Juta Unit

7 Cara Menghemat Baterai HP Tidak Cepat Habis, Berikut Solusinya

Kamis, 09 Maret 2023 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Cara menghemat baterai HP tidak cepat habis perlu diketahui. Salah satu solusinya, mengaktifkan fitur Power Saving Mode.

Hal itu biasa terjadi saat seseorang mengakses HP miliknya tanpa henti. Dalam kasus ini, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan untuk menambah daya adalah dengan mengisinya agar tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun solusi itu tidak bisa dijalankan jika seseorang tidak membawa peralatan pengisian daya. Oleh sebab itu, beberapa solusi untuk menghemat baterai ponsel berikut ini perlu disimak. 

Cara agar baterai HP tidak cepat habis

1. Mengaktifkan fitur Power Saving Mode

Sesuai dengan namanya, fitur Power Saving Mode berfungsi untuk menghemat daya ponsel. Jika mengaktifkan fitur tersebut, kinerja teknologi tampilan mewah dan proses latar belakang akan dikurangi.

Dengan demikian, daya ponsel yang kamu gunakan tidak akan cepat habis. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa menuju ke pengaturan ponsel atau jendela notifikasi di layar utama.

2. Mengaktifkan fitur Airplane Mode

Fitur Airplane Mode atau mode pesawat dalam setiap ponsel berguna untuk mematikan beberapa fitur secara otomatis, seperti data internet, WiFi, GPS, hingga bluetooth. Dengan dinonaktifkannya beberapa fitur, konsumsi daya akan berkurang.

Kamu bisa menuju ke jendela notifikasi di layar utama untuk memanfaatkan fitur ini. Namun perlu diketahui bahwa kamu tidak akan menerima pesan, panggilan, maupun notifikasi dari aplikasi chatting dan media sosial jika mengaktifkan Airplane Mode. 

3. Mengaktifkan fitur Dark Mode

Dark Mode menjadi fitur bawaan ponsel dengan tujuan agar tampilan layar menjadi lebih gelap atau hitam. Dengan menggelapkan tampilan layar, maka konsumsi daya baterai akan dapat diminimalisir.

Hal ini juga berlaku jika kamu menurunkan fitur kecerahan layar ponsel. Namun bagi beberapa orang, mode gelap membuat pandangan mereka terasa kurang nyaman. 

4. Menutup semua aplikasi yang masih berjalan di background 

Tak banyak orang yang menyadari bahwa beberapa aplikasi bisa saja berjalan di background ponsel. Hal ini ternyata dapat mengurangi konsumsi daya baterai ponsel.

Oleh sebab itu, kamu harus menutup semua aplikasi tersebut. Bila perlu, kamu bisa mencopot atau uninstall aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut