get app
inews
Aa Read Next : Kasus Covid-19 di Sumatera Utara Meningkat, Kadinkes Sumut: Peningkatan  Sejak 2 Hari Lalu 

Covid Varian Kraken Miliki 3 Kasus Baru, 1 Pasien Riwayat Umrah

Jum'at, 17 Februari 2023 | 15:45 WIB
header img
Covid varian kraken miliki 3 kasus baru, 1 pasien riwayat Umrah. (Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kasus Covid-19 varian Kraken bertambah, hal ini baru saja diumumkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Jumat, (17/2/2023).

Kali ini Dinas DKI Jakarta melaporkan adanya 3 kasus baru yang bertambah, dengan rincian 2 kasus ada di Jakarta dan 1 kasus lainnya di luar Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Surveilans Epidemiolog dan Imunisasi Dinkes Provinsi DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama.

"Ada 3 pasien varian Kraken temuan DKI, 1 kasus domisili luar DKI Jakarta dan 2 domisili Jakarta," ujar dr. Ngabila.

Ia menambahkan, 1 dari 3 kasus Covid-19 varian Kraken ini terpantau punya riwayat perjalanan dari luar negeri alias pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN) yaitu jamaah ibadah umroh. Sementara dua kasus lainnya, tak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

"1 kasus di luar DKI Jakarta itu PPLN, riwayat umroh. Kalau 2 lainnya bukan PPLN dan tidak ada riwayat perjalanan luar negeri," tambahnya.

Penambahan tiga kasus ini, diungkap dr. Ngabila berdasarkan pemeriksaan swab PCR pada tanggal 23 Desember dan hasilnya yang keluar pada 3 Febuari 2023, menunjukkan hasil positif varian XBB 1.5 tersebut.

"Pemeriksaan PCR positif tanggal 23 Desember 2022 dan wgs positif Kraken 3 Februari 2023, dan 20 Januari 2023 PCR positif lalu keluar wgs 6 Februari 2023," jelas dr Ngabila.

Sebagai informasi, mutasi baru dari varian Omicron yang merupakan rekombinasi sub-varian BA.2.10.1 dan BA.2.75 ini diketahui sudah menyebabkan kenaikan kasus sekitar di 38 negara di dunia, termasuk Inggris dan Amerika Serikat.

 

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone.com dengan judul Covid Varian Kraken Tambah 3 Kasus Baru, 1 Pasien Riwayat Umrah

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut