get app
inews
Aa Read Next : KIH Sumut Sebut Mangrove Punya Nilai Ekonomi bagi Masyarakat di Kawasan Pesisir

BPODT Sebut F1 Power Boat Beri Dampak Ekonomi ke Masyarakat, Rumah Warga Bakal Jadi Homestay

Jum'at, 03 Februari 2023 | 17:19 WIB
header img
Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy B Panjaitan. (Odi Siregar/iNewsMedan)

TOBA, iNewsMedan.id - F1 Power Boat (F1H20) World Championship Danau Toba akan berlangsung di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, pada 24-26 September 2023.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy B Panjaitan mengatakan, Kejuaraan Dunia Balapan Perahu Cepat ini akan memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat, khususnya di Kabupaten Toba. Di mana, jumlah pengunjung yang akan menyaksikan langsung mencapai 20 ribu orang.

Namun, Jimmy mengaku hotel-hotel di kawasan Danau Toba diperkirakan tidak mampu menampung para pengunjung yang datang. Sehingga, pemerintah akan mengajak masyarakat sekitar untuk menjadikan kediamannya sebagai homestay (rumah penginapan).

Berdasarkan data, di Balige Kabupaten Toba terdapat 21 hotel dengan jumlah 564 kamar. Kemudian, di Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun terdapat 11 hotel dengan jumlah 774 kamar. Lalu, Kabupaten Samosir sebanyak 4 hotel dengan jumlah 261 kamar.

Atas hal itu, ujar Jimmy, BPODT bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bakal mengedukasi dan melatih masyarakat yang rumahnya akan dijadikan homestay.

"BPODT lebih mengambil peran mendukung saja promosi, kita bantu penyelenggaraan side event, mendorong home stay ini," jelas Jimmy, di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat (3/1/2023).

Jimmy juga menyebut, BPODT turut mengajak pihak HKBP berkolaborasi untuk mengajak masyarakat agar terlibat menyukseskan F1H20 tersebut.

"Langkah konkret itu, dua atau tiga minggu lalu. Sudah berkordinasi dengan pihak HKBP, ternyata mempunyai jamaat cukup banyak sekali, hampir 50 hingga 60 persen jemaat mereka," sebut Jimmy.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut