get app
inews
Aa Read Next : Siap-Siap! Conor McGregor Kembali Naik Ring pada Juni 2024, Ini Nama Lawannya

Inilah 5 Petarung Muslim yang Sukses di UFC, Nomor 1 Khabib Nurmagomedov

Jum'at, 03 Februari 2023 | 12:00 WIB
header img
Khabib Nurmagomedov. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Ultimate Fighting Championship (UFC) menjadi salah satu kompetisi seni bela diri campuran (MMA) paling bergengsi di dunia. 

UFC selalu menyuguhkan pertarungan seru antar petarung dari seluruh dunia. Siapa sangka, ternyata ada cukup banyak petarung muslim yang menggeluti olahraga ekstrim tersebut.

Tidak jarang, sensitivitas keagamaan menjadi bagian dari ajang bisnis dalam dunia UFC. Oleh karena itu, persoalan agama sering dibuat sensasi oleh UFC ketika ada petarung muslim yang akan bertarung.

Kita tentu tidak lupa dengan sosok Khabib Nurmagomedov yang pernah membungkam Conor McGregor di dalam ring. Pertarungan yang dimenangkan Khabib tersebut terjadi sangat panas dan fenomenal karena McGregor sebelumnya sempat menghina islam.

Khabib Nurmagomedov adalah petarung muslim tersukses yang mengabadikan namanya di UFC. Petarung asal Rusia tersebut menyandang status GOAT (Greatest of All Time) setelah mencetak rekor yang mengesankan 29-0 atau tak terkalahkan dalam 29 pertandingan sebelum akhirnya memutuskan pensiun.

Lantas, siapa saja 5 petarung muslim yang sukses di UFC? Berikut ini adalah ulasannya.

5 Petarung Muslim yang Sukses di UFC:

1. Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov atau seolah menjadi ikon UFC sekaligus petarung muslim paling sukses sampai saat ini. 

Boleh dibilang, MMA semakin luas dikenal masyarakat karena kehadiran Khabib di UFC. Pengaruh Khabib membuat masyarakat dunia, khususnya muslim yang sebelumnya tak tertarik MMA menjadi tau akan olahraga keras tersebut.

Seperti disebutkan di awal, Khabib Nurmagomedov mempunyai rekor mentereng dengan 29 kemenangan tanpa pernah sekalipun mendapatkan kekalahan di UFC. Hal itu membuatnya dinobatkan sebagai peraih Pound For Pound menggeser Jon Jones saat itu.

Meski Khabib Nurmagomedov kini telah pensiun dari MMA, namanya sampai sekarang tetap dikenal sebagai “The Goat”. 

Selain tak pernah kalah, Khabib Nurmagomedov juga bahkan tidak pernah bonyok ketika saat bertarung. Kini ia menjadi pelatih dari petarung-petarung hebat di UFC dan Bellator.

2. Kamaru Usman

Nama Kamaru Usman adalah monster menakutkan dalam pertarungan MMA. Kamaru adalah petarung asal Nigeria yang beragama muslim.

Bertarung di kelas welter, Kamaru Usman telah memulai debut di UFC pada 2015. Pada pertarungan debutnya, ia berhasil mengalahkan Leon Edwards dengan keputusan mutlak.

Petarung yang kini berusia 35 tahun memiliki fisik tinggi kekar. Ia memiliki rekor 20-1 di dunia MMA Profesional. 

Kamaru Usman memenangkan sabuk gelar Juara Dunia UFC Kelas Welterweight dengan mengalahkan Tyron Woodley pada event UFC 235 pada Maret 2019. Rekor pertarungan Kamaru di UFC adalah 15 kali menang dan 1 kali Kalah.

3. Khamzat Chimaev 

Khamzat Chimaev juga menjadi petarung muslim di yang mencuri perhatian. Ia dijuluki sebagai Serigala Chechnya.

Chimaev menjalani debut UFC pada kelas menengah pada 16 Juli 2020 dengan melawan John Phillips. Ia menggantikan Dusko Todorovic dan sukses memenangi pertarungan dengan submission di ronde kedua.

Hanya 10 hari setelah mengalahkan Phillips, Chimaev bahkan bertarung lagi di kelas welter dengan melawan Rhys McKee dan berhasil menang TKO di ronde 1. Ini menjadi rekor kemenangan tercepat dalam hitungan dari laga pertama ke pertarungan kedua.

Di laga terakhirnya pada 09 April 2022, Khamzat menang angka dari rivalnya Gilbert Burn. Ia pun menambah pundi kemenangan menjadi 11-0.

4. Shavkat Rakhmonov

Shavkat Rakhmonov adalah petarung muslim yang sempat membuat gebrakan di UFC karena mencatat rekor 16-0 dalam kariernya. Petarung asal Uzbekistan tersebut digadang lebih beringas daripada Khabib Nurmagomedov.

Rakhmonov adalah mantan Juara Kelas Welter Global M-1 . Pada 3 Oktober 2022, dia berada di peringkat 10 kelas welter UFC. 

Catatan impresif petarung berusia 28 tahun itu disebut bakal semakin apik jika ia bisa terus menorehkan kemenangan atau minimal tidak kalah.

5. Zabit Magomedsharipov

Zabit Magomedsharipov petarung muslim berikutnya yang cukup sukses UFC. Zabit adalah petarung dari wilayah selatan Rusia yang memiliki prestasi mentereng dalam olahraga MMA.

Ia memegang rekor 18-1 atau sama seperti Islam Makhachev. Zabit dikenal sebagai Bruce Lee-nya MMA. Hal itu lantaran ia memiliki banyak sekali bekal keterampilan bela diri dari berbagai aliran.

Zabit adalah petarung yang masih satu kampung halaman dengan Khabib Nurmagomedov, yang berasal dari Dagestan, Russia. Fighter berusia 31 tahun juga bisa bertarung di berbagai kelas UFC.

Itulah 5 petarung muslim yang sukses di UFC. Nama-nama yang tidak dijelaskan tetapi tidak kalah suksesnya antara lain seperti Islam Makhachev, Balal Muhammad, Mairbek Taisumov dan lainnya.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 5 Petarung Muslim yang Sukses di UFC, Ikuti Jejak Khabib Nurmagomedov

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut