get app
inews
Aa Read Next : Mengintip Surga Tersembunyi di Gunung Rinjani, Banyak Spot Instagramable

Mengintip Penampakan Durian Gundul Khas NTB, Bentuknya Mirip Buah Sukun dan Tanpa Duri

Senin, 30 Januari 2023 | 12:00 WIB
header img
Durian tanpa duri ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Dok Pemkab Lombok Barat)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Durian gundul merupakan tanaman langkah yang ditemukan di Dusun Trenggaluh, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Nusat Tenggara Barat (NTB) pada 2007 lalu.

Disebutkan juga jika, durian gundul memiliki daya adaptasi yang cukup luas. Kini tumbuhan langka mulai dikembangkan di NTB dan beberapa wilayah Indonesia lainnya.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Lombok Barat, durian tanpa duri ini satu-satunya di dunia. Orang yang menemukan buah ini tak lain pemburu durian, M Reza Tirtawinata yang juga Kepala Divisi Penelitian dan Laboratorium PT Mekar Unggul Sari, Cileungsi, Bogor saat itu.

Penemuan ini juga merupakan hasil laporan dari Kepala Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB Abdullah Karim. Reza saat itu langsung terbang ke Lombok untuk membuktikan durian gundul tersebut.

Benar saja, durian gundul itu ditemukan di tepi hutan kawasan lindung Gunung Rinjani yang termasuk wilayah Desa Batu Mekar, Lobar. Dilaporkan jika pohon durian itu berusia 15 tahun dengan tinggi 15 meter.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut