get app
inews
Aa Read Next : Daftar 5 Pengusaha Wanita Terkaya di Indonesia, Ada Dewi Kam hingga Mariana Budiman

Siapa Saja Orang Terkaya di Medan? Ini Daftarnya

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:00 WIB
header img
Martua Sitorus masuk dalam daftar orang terkaya di Medan. (Foto: Forbes)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas daftar orang terkaya di Medan. Salah satunya pengusaha kelapa sawit bernama Sukanto Tanoto.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Kota Medan mencapai Rp103 juta.

Angka tersebut mengalami kenaikan dari sebelumnya mencapai Rp 99 juta pada 2020 lalu. Besarnya PDRB per kapita tak lepas dari pengaruh orang terkaya di Medan.

Setidaknya ada 7 orang terkaya di Medan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Gatot Pujo Nugroho

Pria kelahiran 1962 ini sempat menjabat sebagai Gubernur Medan pada tahun 2013. Hal ini membuat Gatot Pujo Nugroho masuk daftar orang terkaya di Medan dengan harta kekayaan mencapai Rp594,8 juta.

2. Rahmat Shah

Selanjutnya ada Rahmat Shah yang memegang harta sebanyak Rp 89,7 miliar. Kekayaannya terbagi atas aset tidak bergerak seperti tanah dan bangunan serta tersebar di 25 lokasi yang berbeda.

3. Chairuman Harahap

Chairuman Harahap adalah seorang politisi di Kota Medan. Pria kelahiran 1947 ini terdaftar sebagai salah satu orang terkaya di Medan. Jumlah kekayaan politisi Medan ini mencapai Rp 4,425 miliar.

4. Tengku Wilman

Orang kaya Kota Medan selanjutnya adalah seorang juragan tanah bernama Teuku Wilman. Harta kekayaan diketahui mencapai Rp 13,9 miliar. Tanah miliknya tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

5. Tjong A Fie

Nama Tjong A Fie tak luput dari perbincangan masyarakat Median. Dia terkenal sebagai pengusaha dan bankir asal Tiongkok. Ia sukses di Kota Medan berkat kerja keras tekunnya.

Tjong A Fie juga terkenal dermawan dan kerap berdonasi untuk fakir miskin. Pengusaha Tiongkok itu wafat pada 1996 lalu. Seluruh hartanya dibagikan kepada fakir miskin di Kota Medan.

6 Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto merupakan seorang pengusaha global yang memanfaatkan sumber daya alam. Ia menjalankan bisnis kelapa sawit, pulp, dan kertas. Siapa sangka bahwa pengusaha sukses ini berasal dari Medan.

7 Martua Sitorus

Pendiri PT Wilmar International ternyata berasal dari Medan bernama Martua Sitorus. Pengusaha asal Medan ini menjalankan bisnis kelapa sawit. Tidak hanya menjadi orang terkaya di Medan, Martua Sitorus juga masuk daftar orang ke 14 terkaya dengan hasil keseluruhan mencapai USD 2,85 miliar (Rp 40,75 triliun).

Demikian informasi 7 orang terkaya di Medan hingga hari ini.

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone.com dengan judul 7 Orang Terkaya di Medan, Ada yang Punya Harta Rp40 Triliun

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut